Pengaruh Pengetahuan Dewan Tentang Anggaran Dan Keterlibatan Masyarakat Terhadap Pengawasan Dewan Pada Anggaran Pendapatan Dan Belanja Daerah (APBD)(Studi Empiris pada DPRD se-Eks Karesidenan Surakarta

RAHMAWATI, EMI YULI (2012) Pengaruh Pengetahuan Dewan Tentang Anggaran Dan Keterlibatan Masyarakat Terhadap Pengawasan Dewan Pada Anggaran Pendapatan Dan Belanja Daerah (APBD)(Studi Empiris pada DPRD se-Eks Karesidenan Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (601kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03_BAB_I.pdf

Download (154kB)
[img] PDF (Bab II)
04_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (251kB)
[img] PDF (Bab III)
05_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (493kB)
[img] PDF (Bab IV)
06_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (249kB)
[img] PDF (Bab V)
07_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
09_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menguji pengaruh pengetahuan dewan tentang anggaran dan keterlibatan masyarakat terhadap pengawasan dewan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Variabel independen dalam penelitian ini adalah pengetahuan dewan tentang anggaran dan keterlibatan masyarakat. Variabel dependennya adalah pengawasan dewan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Populasi dalam penelitian ini adalah anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) se-Eks Karesidenan Surakarta. Pengambilan sampel diperoleh dengan menggunakan teknik purposive sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 108 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji tingkat validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda, uji t, uji F, uji koefisien determinasi, dan uji asumsi klasik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengetahuan dewan tentang anggaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengawasan dewan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Terbukti dari hasil uji t memperoleh nilai thitung sebesar 4,047 dengan taraf signifikan 0,000 (p<0,05) dan H1 diterima. Artinya semakin baik pengetahuan dewan tentang anggaran dapat meningkatkan pengawasan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) yang dilakukan oleh dewan. Sedangkan keterlibatan masyarakat berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengawasan dewan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Terbukti dari hasil uji t memperoleh nilai thitung sebesar 2,426 dengan taraf signifikan 0,017 (p<0,05) dan H2 diterima. Artinya semakin baik keterlibatan masyarakat dapat meningkatkan pengawasan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) yang dilakukan oleh dewan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan Dewan Tentang Anggaran, Keterlibatan Masyarakat, Pengawasan Dewan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD)
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 17 Apr 2012 11:24
Last Modified: 17 Apr 2012 11:24
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18015

Actions (login required)

View Item View Item