Peran Partisipasi Penganggaran Dalam Hubungan Antara Keadilan Prosedural Dengan Kinerja Manajerial Dan Kepuasan Kerja Pegawai Di Pemerintah Kota Surakarta

Adinata, Kristian (2012) Peran Partisipasi Penganggaran Dalam Hubungan Antara Keadilan Prosedural Dengan Kinerja Manajerial Dan Kepuasan Kerja Pegawai Di Pemerintah Kota Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (522kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (52kB)
[img] PDF (Bqb II)
04._BAB_II_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (119kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (330kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (50kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (119kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (737kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh variabel partisipasi penganggaran dalam hubungan antara keadilan prosedural dengan kinerja manajerial dan kepuasan kerja pegawai di pemerintah kota Surakarta. Sampel dari penelitian ini adalah pegawai pemerintah kota Surakarta bagian administrasi dan keuangan. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan random sampling dengan mengambil sampel 25% dari populasi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis jalur dengan pendekatan regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis pertama, yaitu partisipasi penganggaran berpengaruh signifikan dalam hubungan antara keadilan prosedural dengan kinerja manajerial terbukti. Hasil ini ditunjukkan dari total hubungan antara keadilan prosedural dan kinerja manajerial melalui partisipasi penganggaran dengan nilai sebesar 0,695. Hubungan langsung antara keadilan prosedural dengan kinerja manajerial bersifat positif dengan nilai sebesar 0,578. Hubungan antara keadilan prosedural dan kinerja manajerial dapat pula terjadi secara tidak langsung melalui partisipasi penganggaran dengan nilai sebesar 0,117 dengan nilai signifikansi 0,000. Hipotesis kedua, yaitu partisipasi penganggaran berpengaruh signifikan dalam hubungan antara keadilan prosedural dengan kepuasan kerja juga terbukti dengan adanya hubungan langsung antara keadilan prosedural dan kepuasan kerja melalui partisipasi penganggaran dengan nilai sebesar 0,645. Hubungan langsung antara keadilan prosedural dengan kepuasan kerja bersifat positif dengan nilai sebesar 0,547. Hubungan antara keadilan prosedural dan kepuasan kerja dapat pula terjadi secara tidak langsung melalui partisipasi penganggaran dengan nilai sebesar 0,098 dengan nilai signifikansi 0,000. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peran partisipasi penganggaran dalam hubungan antara keadilan prosedural dengan kinerja manajerial dan kepuasan kerja pegawai di pemerintah kota Surakarta.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keadilan prosedural, kepuasan kerja, kinerja manajerial, penganggaran partisipatif
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 17 Apr 2012 10:53
Last Modified: 17 Apr 2012 10:53
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18014

Actions (login required)

View Item View Item