Pengaruh Gender, Tekanan Ketaatan, Kompleksitas Tugas, Dan Pengalaman Auditor Terhadap Audit Judgment (Studi Empiris Pada Kantor Akuntan Publik Di Surakarta Dan Yogyakarta)

HIDAYATI, FITRIA (2012) Pengaruh Gender, Tekanan Ketaatan, Kompleksitas Tugas, Dan Pengalaman Auditor Terhadap Audit Judgment (Studi Empiris Pada Kantor Akuntan Publik Di Surakarta Dan Yogyakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Depan.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (151kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (161kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (234kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (291kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (71kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._Daftar_Pustaka.pdf

Download (578kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (646kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gender, tekanan ketaatan, kompleksitas tugas, dan pengalaman auditor terhadap audit judgment pada Kantor Akuntan Publik di wilayah Surakarta dan Yogyakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh auditor yang bekerja pada Kantor Akuntan Publik di wilayah Surakarta dan Yogyakarta. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 55 responden dari delapan Kantor Akuntan Publik di wilayah Surakarta dan Yogyakarta. Metode pengumpulan sampel menggunakan teknik convenience sampling. Alat analisis yang digunakan meliputi uji validitas dan uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, uji regresi linier berganda, uji F, uji koefisien determinasi R, dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel gender, tekanan ketaatan, kompleksitas tugas, dan pengalaman auditor secara simultan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap audit judgment dengan tingkat signifikansi 0,002 yang berarti lebih kecil dari 0,05. Hasil koefisien determinasi diperoleh nilai sebesar 0,298 yang berarti bahwa audit judgment dipengaruhi variabel gender, tekanan ketaatan, kompleksitas tugas, dan pengalaman auditor sebesar 29,8% dan sisanya sebesar 70,2% audit judgment dipengaruhi oleh variabel atau faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil uji t menunjukkan bahwa gender dan pengalaman auditor tidak berpengaruh terhadap audit judgment. Sedangkan tekanan ketaatan dan kompleksitas tugas berpengaruh signifikan terhadap audit judgment. Hal ini ditunjukkan dengan nilai probabilitas t variabel gender sebesar 0,226 dan variabel pengalaman auditor sebesar 0,985 lebih besar dari 0,05 yang berarti tidak berpengaruh terhadap audit judgment. Nilai probabilitas variabel tekanan ketaatan 0,008 dan variabel kompleksitas tugas 0,037 lebih kecil dari 0,05 yang berarti berpengaruh terhadap audit judgment.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Gender, Tekanan Ketaatan, Kompleksitas Tugas, Pengalaman Auditor, Audit Judgment.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 17 Apr 2012 07:41
Last Modified: 17 Apr 2012 09:21
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18000

Actions (login required)

View Item View Item