PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA PROGRAM INKLUSIF DI SMA MUHAMMADIYAH 6 SURAKARTA

Lestari, Siti (2008) PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA PROGRAM INKLUSIF DI SMA MUHAMMADIYAH 6 SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
A410020148.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (689kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Perencanaan pembelajaran matematika, 2) Pelaksanaan pembelajaran matematika, 3) Evaluasi pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru matematika SMA Kelas X, XI dan siswa Kelas X, XI. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara, observasi kelas dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode alur. Hasil penelitianya yaitu : 1) Perencanaan pembelajaran matematika guru membuat program tahunan, program semester, silabus, dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), 2) Pelaksanaan pembelajaran matematika yang dilakukan adalah : a) Pembukaan: guru memimpin doa, memberi motivasi; b) Pengembangan konsep: (1) Latihan terkontrol yaitu guru memberikan beberapa soal kepada siswa baik lisan atau tertulis, hal ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar siswa memperhatikan materi yang baru disampaikan; (2) Latihan mandiri yaitu guru juga memberikan soal kepada siswa dalam bentuk individu atau kelompok, hal ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar kemampuan dan tanggungjawab siswa kepada diri sendiri; c) Penutup yaitu dimana guru mengajak siswa untuk bersama-sama menyimpulkan atau merangkum materi yang telah disampaikan dan memberi tugas kepada siswa. 3 ) Evaluasi pembelajaran matematika terdiri dari : a) evaluasi proses yaitu untuk menentukan nilai sesuatu tujuan, kegiatan, keputusan, unjuk kerja, orang, objek, berdasarkan kriteria tertentu melalui penilaian. Selain itu guru juga berhasil melakukan tindakan mengajar yang sesuai dengan perencanaan pembelajaran yaitu (1) memberikan tujuan pembelajaran, inti materi ajar dan kegiatan yang akan dilakukan, (2) memberikan petunjuk langkah-langkah pengerjaan pada setiap soal yang diduga slit, (3) selalu mengingatkan siswa untuk mengulangi materi ajar yang sudah dibahas dan mempelajari terlebih dahulu materi yang akan dibahas, (4) memberi nasehat, membantu siswa, memberi kesempatan, mendorong siswa, memperbaiki komunikasi antara siswa dan guru melalui pendekatan individu atau kelompok; b) evaluasi hasil adalah proses untuk menentukan nilai belajar siswa melalui kegiatan penilaian dan atau pengukuran hasil belajar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, inklusif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 23 Jul 2008 02:58
Last Modified: 31 Jan 2011 06:33
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/180

Actions (login required)

View Item View Item