Penerapan Strategi Interaktif Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Lisan Pada TK Aisyiyah 1 Gaden Kelompok A Tahun Pelajaran 2011/2012

Lestari, Nanik Sri (2012) Penerapan Strategi Interaktif Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Lisan Pada TK Aisyiyah 1 Gaden Kelompok A Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
halaman_depan.pdf

Download (165kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (97kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (116kB)
[img] PDF (Bba III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (163kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (174kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (50kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan anak dalam berbahasa lisan melalui penerapan strategi interaktif bercakap-cakap pada anak kelompok A di TK Aisyiyah 1 Gaden Kabupaten Klaten. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di TK Aisyiyah 1 Gaden, subyek penelitian ini adalah anak kelompok A TK Aisyiyah 1 Gaden tahun pelajaran 2011/2012 dengan jumlah siswa sebanyak 15 anak. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus, rancangan penelitian tindakan tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Data diperoleh dari observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif. Hasil penelitian ini adalah penerapan strategi interaktif bercakap-cakap dapat meningkatkan kemampuan bahasa lisan anak di kelompok A TK Aisyiyah 1 Gaden Kabupaten Klaten. Hal ini ditandai dengan peningkatan nilai rata-rata kelas pada pra siklus 57,77% menjadi 72,41% pada siklus 1, dan meningkat menjadi 79,75% pada siklus 2. Berdasarkan pengamatan selama penelitian berlangsung terdapat keberhasilan proses berupa perubahan sikap anak menjadi lebih bersemangat dan termotivasi dalam proses pembelajaran.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Berbahasa lisan, strategi interaktif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 16 Apr 2012 04:57
Last Modified: 16 Apr 2012 11:01
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17948

Actions (login required)

View Item View Item