Upaya Meningkatkan kemampuan Berhitung Permulaan Melalui Permainan Bola Dalam Model Pembelajaran Bermain Peran Dengan Bermain Peran Deangan Pendekatan Tematik Pada Anak Kelompok A TK RA AL-IMAN PERUMDA II GERGUNUNG KLATEN TAHUN AJARAN 2011/2012

SURATMI , SURATMI (2012) Upaya Meningkatkan kemampuan Berhitung Permulaan Melalui Permainan Bola Dalam Model Pembelajaran Bermain Peran Dengan Bermain Peran Deangan Pendekatan Tematik Pada Anak Kelompok A TK RA AL-IMAN PERUMDA II GERGUNUNG KLATEN TAHUN AJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (100kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (45kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (275kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (106kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (23kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berhitung permulaan mulai dari 1-10 pada anak Taman Kanak-kanak Roudlotul Athfal Al-Iman Perumda II Gergunung Klaten Utara. Penelitian dilakukan melalui permainan bola dalam model pembelajaran bermain peran dengan pendekatan tematik. Melalui permainan bola, anak dapat bermain sambil belajar berhitung yaitu berhitung bola dengan cara memasukkan bola ke dalam keranjang yang sesuai angka dan warna, selanjutnya permainan melempar dan menangkap bola dengan keranjang secara berpasangan, dan bermain basket. Permainan ini dapat memotivasi anak untuk belajar berhitung, dapat meningkat kemampuan berhitung permulaan, dapat mengelompokkan warna, mengenal angka, berfikir logika, dan mengenal himpunan/pengelompokkan benda. Subjek penelitian pada anak kelompok A, dengan jumlah 20 anak yang terdiri dari 14 anak laki-laki dan 6 anak perempuan. Alat pengumpul data yang dipilih untuk mengetahui kemampuan berhitung permulaan adalah obsevasai, dan catatan lapangan. Teknik analisis komparatif yaitu membandingkan kemampuan anak dari setiap siklusnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berhitung permulaan 1-10 pada pra siklus ada 20%, setelah dilakukan tindakan yaitu pada siklus I mencapai 55%, dan pada siklus II mencapai 90%, sehingga total peningkatan dari prasiklus sampai siklus II ada 70%. Berdasarkan analisis diketahui bahwa penggunaan permainan bola dapat meningkatkan kemampuan berhitung permulaan pada anak TK RA Al-Iman Perumda II Gergunung Klaten Tahun Ajaran 2011/2012

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak A520/2012-05
Uncontrolled Keywords: Permainan bola, bermain peran, tematik.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 13 Apr 2012 10:14
Last Modified: 22 Jun 2012 10:26
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17910

Actions (login required)

View Item View Item