PERANCANGAN SISTEM PENGUKURAN KINERJA DENGAN METODE PERFORMANCE PRISM(Studi Kasus di Hotel Arini Jl. Brigjen Slamet Riyadi No. 361 Solo)

Febriarso, Pandu (2008) PERANCANGAN SISTEM PENGUKURAN KINERJA DENGAN METODE PERFORMANCE PRISM(Studi Kasus di Hotel Arini Jl. Brigjen Slamet Riyadi No. 361 Solo). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
D600040006.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (418kB)
[img]
Preview
PDF
D600040006.pdf

Download (697kB)

Abstract

Penelitian ini menguraikan hasil penelitian perancangan sistem pengukuran kinerja pada Hotel Arini solo dengan model Performance Prism.Selama ini, sistem pengukuran kinerja di Hotel Arini belum merepresentasikan kinerja organisasi secara komprehensif da n integratif. Oleh karena itu, perlu dilakukan perancangan kembali sistem pengukuran kinerjanya.Dari kondisi objektif Hotel Arini, model yang tepat digunakan adalah model Performance Prism dibanding model lain. Metode ini dikerjakan dalam dua arah yaitu dengan mempertimbangkan apa kebutuhan dan keinginan ( needs and wants) dari semua stakeholder yang akan dijadikan dasar utuk menyusun KPI untuk kemudian dibobotkan dengan AHP guna mengetahui struktur hierarkinya dan selanjutnya dilakukan scoring dengan OMAX untuk mengetahui skor aktual dari hotel. Nilai performansi kinerja dapat diketahui dari perkalian antara bobot dan skor tersebut.Hasil rancangan menunjukkan bahwa stakeholder Hotel Arini meliputi:konsumen, tenaga kerja, supplier, pemilik/investor, serta pemerintah dan masyarakat sekitar lingkungan hotel. Sistem pengukuran kinerja memuat 3 8 KPI yang meliputi 8 KPI konsumen, 6 KPI untuk employee, 6 KPI investor,6 KPI supplier, 6 KPI pemerintah dan 6 KPI untuk masyarakat di sekitar lingkungan hotel. Dari hasil implementasi sistem pengukuran kinerja dengan proses scoring system menggunakan metode OMAX menunjukkan nilai current performance indicator yang telah dicapai oleh hotel Arini adalah sebesar 6,13. Hasil pengukuran menjadi landasan pihak manajemen meng evaluasi dan menentukan rencana kerja perbaikan sehingga harapan dari semua stakeholder dapat terpenuhi

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kinerja, Performance Prism
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 28 May 2009 09:07
Last Modified: 20 Nov 2010 04:35
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/1788

Actions (login required)

View Item View Item