STRATEGI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SLTP ALTERNATIF QARYAH THAYYIBAH KALIBENING SALATIGA

WICAKSONO, IMAM (2008) STRATEGI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SLTP ALTERNATIF QARYAH THAYYIBAH KALIBENING SALATIGA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A410030159.pdf

Download (195kB)
[img] PDF
A410030159.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (801kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, memahami, dan memaknai hal-hal yang paling mendasar dalam strategi pembelajaran matematika di SLTP Alternatif Qaryah Thayyibah Kalibening Salatiga. Penelitian dilakukan dengan metode kualitatif. Subjek penelitian adalah pendamping matematika dan siswa SLTP Alternatif Qaryah Thayyibah Kalibening Salatiga. Teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, obeservasi, dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi data dan reviu informan. Teknik analisis data yang digunakan adalah model interatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tujuan pembelajaran/kompetensinya di SLTP Alternatif Qaryah Thayyibah Kalibening secara umum para pendamping tidak membuatnya. Tujuan pembelajaran diserahkan kepada siswa sendiri sehingga siswa benar-benar mengerti tujuan mereka belajar materi tersebut; (2) Materi matematika diperoleh dari buku yang diterbitkan oleh PUSKUR (Pusat Kurikulum) dan buku-buku lain yang ada hubungannya dengan matematika serta bersumber dari internet; (3). Guru berkedukan sebagai teman belajar dan memfasilitasi kegiatan belajar siswa, dengan cara seperti ini siswa tanpa rasa takut menyampaikan gagasan mereka dan lebih aktif dalam proses pembelajaran; (4) Lingkungan desa menjadi fasilitas dan sumber belajar para siswa, selain itu di SLTP Alternatif ini disediakan internet yang dapat di akses oleh para siswanya secara bebas. Ruang kelas juga disediakan dengan penataan kursi menyerupai huruf U; (5) Metode/pendekatan pembelajaran yang digunakan adalah RME, kontekstual, deduktif, induktif dan ceramah; (6) Media dan alat pembelajaran yang disediakan adalah sesuatu yang dekat dengan siswa dalam kehidupan sehari-hari; (7) Penilian diserahkan kepada siswanya untuk menilai diri mereka sendiri. Pendamping menawarkan nilai kepada siswa untuk melatih kejujuran para siswa. Dengan kata lain pendamping memendam hasrat untuk menilai seorang siswa; (9) Para siswa yang ingin mendapatkan ijazah dapat mengikuti ujian nasional dengan mendaftar di sekolah induknya yaitu SMPN 10, Memasuki tahun ajaran 2007/2008 sekolah ini berubah menjadi Pendidikan Luar Sekolah (PLS) yang berarti harus mengikuti ujian paket B untuk mendapatkan ijazah.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran, media pembelajaran, fasilitas, tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, teman belajar, metode pembelajaran, penilaian.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 28 May 2009 08:09
Last Modified: 17 Nov 2010 03:53
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/1784

Actions (login required)

View Item View Item