EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE PEMBERIAN TUGAS PENGAJUAN SOAL (PROBLEM POSSING) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN PERSEGI PANJANG TERHADAP SISWA KELAS I SEMESTER II SMP NEGERI 7 PURWODADI TAHUN AJARAN 2007/2008

ASTUTI, APRILIA MARY (2008) EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE PEMBERIAN TUGAS PENGAJUAN SOAL (PROBLEM POSSING) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN PERSEGI PANJANG TERHADAP SISWA KELAS I SEMESTER II SMP NEGERI 7 PURWODADI TAHUN AJARAN 2007/2008. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A410030138.pdf

Download (61kB)
[img] PDF
A410030138.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (485kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Perbedaan prestasi belajar antara siswa yang mendapat penerapan metode problem possing dengan siswa yang tidak mendapat penerapan metode problem possing dalam pembelajaran matematika pokok bahasan persegi panjang, (2) Prestasi belajar siswa yang mendapat penerapan metode problem possing lebih baik dari siswa yang tidak mendapat penerapan metode problem possing dalam pembelajaran matematika pokok bahasan persegi panjang. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 7 Purwodadi tahun ajaran 2007 / 2008 dan sampel yang digunakan adalah 2 kelas (80 siswa) sebagai kelas kontrol dan kelas eksperimen. Sampel penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t dengan terlebih dahulu menguji prasyaratnya. Uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas dengan menggunakan metode Lilliefors dan uji homogenitas menggunakan metode Bartlett. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai thitung = 3,086 lebih tinggi dari nilai ttabel = 1,991 pada taraf sig ( α )= 5 %, sehingga menyebabkan H0 ditolak yang berarti ada perbedaan prestasi belajar antara siswa yang mendapat metode problem possing dengan siswa yang tidak mendapat metode problem possing. Prestasi belajar antara siswa yang mendapat metode problem possing dengan siswa yang tidak mendapat metode problem possing lebih baik siswa yang mendapat metode problem possing. Hal itu ditunjukkan dengan nilai rata – rata kelas eksperimen = 80,813 lebih besar dari nilai rata – rata kelas kontrol = 73,733. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan metode problem possing lebih efektif dari metode konvensional

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran Matematika, Prestasi Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 28 May 2009 07:45
Last Modified: 17 Nov 2010 03:55
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/1779

Actions (login required)

View Item View Item