Yulianti, Yulianti (2012) Penerapan Strategi Pembelajaran Picture And Picture Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar IPA Materi Benda Padat, Cair, Dan Gas Serta Perubahan Wujudnyw Pada Siswa Kelas IX SMPLB YPSLB-C Kerten Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (278kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (85kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (139kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (103kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (227kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (51kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (105kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan : keaktifan dan hasil belajar IPA kelas IX SMPLB YPSLB-C Kerten Surakarta pada materi benda padat, cair, dan gas serta perubahan wujudnya, Tahun pelajaran 2011/2012 dengan menerapkan strategi pembelajaran picture and picture. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, tindakan, refleksi, dan evaluasi dengan menggunakan strategi pembelajaran picture and picture yang dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai dengan siklus II melalui tiga tahapan yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian tindakan kelas adalah : 1) Hasil belajar kognitif siswa mengalami peningkatan. Hasil belajar kognitif pada siklus I, 7 siswa (63,63%) yang mendapat nilai diatas ≥60. Pada siklus II meningkat menjadi 9 siswa (81,81%) mendapat nilai diatas KKM. 3) Hasil belajar afektif siswa pada siklus I 45,45% meningkat menjadi 81,81% pada siklus II. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa: Penerapan strategi pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar IPA siswa kelas IX SMPLB YPSLB-C Kerten Surakarta tahun pelajaran 2011/2012.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keaktifan, hasil belajar, strategi pembelajaran picture and picture. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 07 Apr 2012 06:19 |
Last Modified: | 07 Apr 2012 07:13 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17745 |
Actions (login required)
View Item |