Penerapan Strategi Pembelajaran Picture And Picture Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar IPA Materi Benda Padat, Cair, Dan Gas Serta Perubahan Wujudnyw Pada Siswa Kelas IX SMPLB YPSLB-C Kerten Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012

Yulianti, Yulianti (2012) Penerapan Strategi Pembelajaran Picture And Picture Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar IPA Materi Benda Padat, Cair, Dan Gas Serta Perubahan Wujudnyw Pada Siswa Kelas IX SMPLB YPSLB-C Kerten Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (278kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (85kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (139kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (227kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (105kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan : keaktifan dan hasil belajar IPA kelas IX SMPLB YPSLB-C Kerten Surakarta pada materi benda padat, cair, dan gas serta perubahan wujudnya, Tahun pelajaran 2011/2012 dengan menerapkan strategi pembelajaran picture and picture. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, tindakan, refleksi, dan evaluasi dengan menggunakan strategi pembelajaran picture and picture yang dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai dengan siklus II melalui tiga tahapan yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian tindakan kelas adalah : 1) Hasil belajar kognitif siswa mengalami peningkatan. Hasil belajar kognitif pada siklus I, 7 siswa (63,63%) yang mendapat nilai diatas ≥60. Pada siklus II meningkat menjadi 9 siswa (81,81%) mendapat nilai diatas KKM. 3) Hasil belajar afektif siswa pada siklus I 45,45% meningkat menjadi 81,81% pada siklus II. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa: Penerapan strategi pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar IPA siswa kelas IX SMPLB YPSLB-C Kerten Surakarta tahun pelajaran 2011/2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keaktifan, hasil belajar, strategi pembelajaran picture and picture.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 07 Apr 2012 06:19
Last Modified: 07 Apr 2012 07:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17745

Actions (login required)

View Item View Item