Kompetensi Dan Performansi Berbicara Anak Usia 5 Tahun (Kajian Pemerolehan Sintaksis Bahasa Indonesia Di TK Aisyah Sekaralas Widodaren Kabupaten Ngawi)

Anggraita, Dania Novara (2012) Kompetensi Dan Performansi Berbicara Anak Usia 5 Tahun (Kajian Pemerolehan Sintaksis Bahasa Indonesia Di TK Aisyah Sekaralas Widodaren Kabupaten Ngawi). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (76kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
Bab_1.pdf

Download (59kB)
[img] PDF (Bab 2)
Bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)
[img] PDF (Bab 3)
Bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img] PDF (Bab 4)
bab_4_Revisi3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (80kB)
[img] PDF (Bab 5)
Bab_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan pemerolehan frase pada anak usia 5 tahun; (2) mendeskripsikan pemerolehan klausa pada anak usia 5 tahun; (3) mendeskripsikan pemerolehan kalimat pada anak usia 5 tahun. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan psikolinguistik yaitu studi mengenai penggunaan bahasa dan pemerolehan bahasa oleh manusia. Penelitian ini mengambil lokasi di di TK Aisyah Sekaralas Widodaren Kabupaten Ngawi. Objek yang diteliti adalah bahasa lisan siswa Taman Kanak-Kanak (TK) Aisyah Sekaralas Widodaren Kabupaten Ngawi. Teknik pengumpulan data menggunakan metode simak atau penyimakan, rekam dan catat. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode padan, pilah, dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil analisis performansi dan kompetensi berbicara anak khususnya pada pemerolehan sintaksis pada anak usia 5 tahun menghasilkan kesimpulan sebagai berikut: (1) pemerolehan frase pada anak usia 5 tahun di TK Aisyah Sekaralas Widodaren Kabupaten Ngawi terdiri dari frasa endosentrik (setara) dan frasa eksosentrik (tidak setara). Jenis frasa yang digunakan terdiri dari frasa verbal, ajektival, pronomina, dan preposisi; (3) pemerolehan klausa pada tindak tutur anak usia 5 tahun di TK Aisyah Sekaralas Widodaren Kabupaten Ngawi terdiri dari klausa yang terdiri dari S + P, klausa yang terdiri dari P + O, klausa yang terdiri dari P + O + Ket, dan klausa yang terdiri dari S + P + Ket; (3) pemerolehan kalimat pada tindak tutur anak usia 5 tahun di TK Aisyah Sekaralas Widodaren Kabupaten Ngawi terdiri dari kalimat tunggal dan kalimat majemuk. Kalimat tunggal hanya terdiri atas satu pola atau kalimat yang hanya terdiri atas satu klausa. Jenis kalimat tunggal yang ditemukan terdiri atas 3 macam, yakni kalimat ajektival, verbal, dan kalimat preposisional. Kalimat majemuk ditemukan pada data 13 dengan pola: SP + SPO yaitu terdiri lebih dari satu pola kalimat.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak A310/2012-11
Uncontrolled Keywords: performansi dan kompetensi berbicara anak, pemerolehan sintaksis, frase, klausa, kalimat
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Sapta Pujianta, S.I.Pust
Date Deposited: 04 Apr 2012 10:04
Last Modified: 19 Jun 2012 07:00
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17682

Actions (login required)

View Item View Item