Ernawati, Titin (2012) Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing sebagai Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Biologi Materi Ekosistem Siswa Kelas VIIG MTs N Surakarta II Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02_HALAMAN_DEPAN.pdf Download (107kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03_BAB_I.pdf Download (23kB) |
|
PDF (Bab II)
04_BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (65kB) |
||
PDF (Bab III)
05_BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (183kB) |
||
PDF (Bab IV)
06_BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
PDF (Bab V)
07_BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (13kB) |
|
PDF (Lampiran)
09_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (904kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar biologi siswa kelas VIIG MTs N Surakarta II dengan menerapkan model pembelajaran Problem Posing pada siswa yang berjumlah 42. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket, observasi, wawancara, metode tes dan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai dengan siklus II. Sumber data diperoleh dari hasil tes siswa, angket, dan observasi. Hasil belajar siswa dengan menerapkan Model Pembelajaran Problem Posing pada siklus I siswa yang melebihi kriteria ketuntasa minimal (KKM) 18 (42,85%) siswa. Pada siklus II siswa yang melebihi kriteria ketuntasan minimal (KKM) meningkat menjadi 36 (85,71%) siswa, peningkatan hasil belajar kognitif siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 42,86%. Keaktifan belajar siswa dengan menerapkan Model Pembelajaran Problem Posing pada siklus I telah mencapai target keberhasilan yaitu 40% dan pada siklus I keberhasilan mencapai 47,7%. Pada siklus II keaktifan belajar siswa meningkat menjadi 61,17%. Peningkatan keaktifan belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 13,47%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan Model Pembelajaran Problem Posing dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar biologi siswa kelas VIIG MTs N Surakarta II Tahun Pelajaran 2012.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Problem Posing, keaktifan, dan hasil belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 03 Apr 2012 07:00 |
Last Modified: | 03 Apr 2012 07:00 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17659 |
Actions (login required)
View Item |