Peningkatan Motivasi Belajar IPA Melalui Penerapan Metode Examples Non Examples Pada Siswa Kelas Iv SD Muhammadiyah 11 Mangkuyudan Kecamatan Laweyan Kota Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012

Sanjaya, Fony Ayu (2012) Peningkatan Motivasi Belajar IPA Melalui Penerapan Metode Examples Non Examples Pada Siswa Kelas Iv SD Muhammadiyah 11 Mangkuyudan Kecamatan Laweyan Kota Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Univesitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
Halaman_Depan_.pdf

Download (425kB)
[img]
Preview
PDF (Bab.I)
Bab_I_.pdf

Download (156kB)
[img] PDF (Bab.II)
BAB_II_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (300kB)
[img] PDF (Bab.III)
BAB_III_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (207kB)
[img] PDF (Bab.IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (439kB)
[img] PDF (Bab.V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (138kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (87kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar IPA dengan penerapan metode Examples Non Examples pada siswa kelas IV SD Muhammadiyah 11 Mangkuyudan Kecamatan Laweyan Kota Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi dengan metode Examples Non Examples yang dilakukan dalam dua siklus. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas IV SD Muhammadiyah 11 Mangkuyudan yang berjumlah 29 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis data model analisis interaktif, yang terdiri dari: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian penggunaan metode Examples Non Examples menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPA. Hal ini dapat dilihat dari hasil post test yang dilakukan di akhir proses pembelajaran dan menunjukkan adanya peningkatan hasi belajar IPA siswa kelas IV. Sebelum diberikan tindakan penelitian, hasil belajar siswa yang mencapai nilai KKM (≥70) hanya 41,38%, setelah dilakukan siklus I meningkat menjadi 75,86%, dan pada siklus II meningkat menjadi 82,75%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa pembelajaran dengan penerapan metode Examples Non Examples dapat meningkatkan motivasi belajar IPA pada siswa kelas IV SD Muhammadiyah 11 Mangkuyudan Kecamatan Laweyan Kota Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: motivasi belajar, metode Examples Non Examples
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 02 Apr 2012 11:13
Last Modified: 02 Apr 2012 11:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17645

Actions (login required)

View Item View Item