Sanjaya, Fony Ayu (2012) Peningkatan Motivasi Belajar IPA Melalui Penerapan Metode Examples Non Examples Pada Siswa Kelas Iv SD Muhammadiyah 11 Mangkuyudan Kecamatan Laweyan Kota Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Univesitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
Halaman_Depan_.pdf Download (425kB) |
|
|
PDF (Bab.I)
Bab_I_.pdf Download (156kB) |
|
PDF (Bab.II)
BAB_II_.pdf Restricted to Repository staff only Download (300kB) |
||
PDF (Bab.III)
BAB_III_.pdf Restricted to Repository staff only Download (207kB) |
||
PDF (Bab.IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (439kB) |
||
PDF (Bab.V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (138kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (87kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar IPA dengan penerapan metode Examples Non Examples pada siswa kelas IV SD Muhammadiyah 11 Mangkuyudan Kecamatan Laweyan Kota Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi dengan metode Examples Non Examples yang dilakukan dalam dua siklus. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas IV SD Muhammadiyah 11 Mangkuyudan yang berjumlah 29 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis data model analisis interaktif, yang terdiri dari: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian penggunaan metode Examples Non Examples menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPA. Hal ini dapat dilihat dari hasil post test yang dilakukan di akhir proses pembelajaran dan menunjukkan adanya peningkatan hasi belajar IPA siswa kelas IV. Sebelum diberikan tindakan penelitian, hasil belajar siswa yang mencapai nilai KKM (≥70) hanya 41,38%, setelah dilakukan siklus I meningkat menjadi 75,86%, dan pada siklus II meningkat menjadi 82,75%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa pembelajaran dengan penerapan metode Examples Non Examples dapat meningkatkan motivasi belajar IPA pada siswa kelas IV SD Muhammadiyah 11 Mangkuyudan Kecamatan Laweyan Kota Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | motivasi belajar, metode Examples Non Examples |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Edy Susilo |
Date Deposited: | 02 Apr 2012 11:13 |
Last Modified: | 02 Apr 2012 11:13 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17645 |
Actions (login required)
View Item |