Analisis Soal Komunikasi Pada Buku Ajar Matematika Kelas VII SMP

NOVITASARI, DEVI (2012) Analisis Soal Komunikasi Pada Buku Ajar Matematika Kelas VII SMP. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02_Cover.pdf

Download (78kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03_BAB_I.pdf

Download (35kB)
[img] PDF (Ba II)
04_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)
[img] PDF (Bab III)
05_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)
[img] PDF (Bab IV)
06_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (109kB)
[img] PDF (Bab V)
07_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08_Daftar_pustaka.pdf

Download (21kB)
[img] PDF (Lampiaran)
09_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (485kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan komponen-komponen soal komunikasi Matematika ditinjau dari : banyak soal komunikasi, jenis soal komunikasi, dan kegiatan soal komunikasi dalam buku ajar Matematika SMP/MTs kelas VII. Untuk itu dipilih lima buku ajar Matematika kelas VII SMP/MTs yang terdiri dari buku BSE dan buku non BSE. Penelitian dilaksanakan dengan mencocokkan kaidah yang telah ditentukan pada soal-soal komunikasi matematika yang termuat dalam buku-buku tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku ‘Berlogika dengan Matematika I’ karangan Umi Salamah merupakan buku yang paling tinggi jumlah soal pemecahan masalah dengan rata-rata 6 soal perminggu, sedangkan buku ‘Matematika Konsep dan Aplikasinya’ karangan Dewi Nuharini, Tri Wahyuni merupakan buku yang paling rendah jumlah soal pemecahan masalah dengan rata-rata 3 soal perminggu. Buku ‘Pegangan Belajar Matematika 1’ merupakan buku yang paling tinggi jumlah soal komunikasi matematik dengan rata-rata 7 perminggu. Sedangkan buku yang berjudul ‘Matematika Konsep dan Aplikasinya’ merupakan buku yang paling rendah jumlah soal komunikasi matematik dengan rata-rata 4 perminggu. Komonen soal pemecahan masalah berdasarkan penyajian soal yang menarik buku ‘Matematika Bermakna VII’. Komponen soal komunikasi berdasarkan penyajian soal yang menarik buku ‘Berlogika dengan Matematika I’, komponen soal berdasarkan jenis soal yang mendekati seimbang buku ‘Matematika Bermakna’, komponen soal berdasarkan kegiatan menulis yang seimbang buku ’Contextual Teaching and Learning Matematika’.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak A410/2012-25
Uncontrolled Keywords: komponen soal, soal komunikasi, buku ajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 29 Mar 2012 11:05
Last Modified: 21 Jun 2012 07:19
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17604

Actions (login required)

View Item View Item