KRISTANTA, BIKA (2012) Pengaruh Motivasi Dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika (Eksperimentasi terhadap Siswa Kelas XI SMK Muhammadiyah 3 Surakarta Semester I Tahun Ajaran 2011/2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_depan.pdf Download (461kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (220kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (246kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (341kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV_.pdf Restricted to Repository staff only Download (478kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (88kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (159kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran-lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mengetahui seberapa besar pengaruh motivasi terhadap prestasi belajar matematika, (2) mengetahui seberapa besar pengaruh disiplin belajar terhadap prestasi belajar matematika, (3) mengetahui seberapa besar pengaruh motivasi dan disiplin belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 3 Surakarta yang berjumlah 166 siswa. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 116 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket dan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linier, yang sebelumnya menggunakan uji prasyarat analisis yang menggunakan metode lilliefors untuk uji normalitas, uji linieritas, uji independensi, dan uji keberartian. Dari hasil analisis data dengan taraf signifikasi 5% diperoleh bahwa: (1) motivasi secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar matematika, (2) disiplin belajar secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar matematika, (3) motivasi dan disiplin belajar secara bersama-sama tidak berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar matematika. Persentase sumbangan yang diberikan oleh motivasi dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar matematika adalah sebesar 2,7%. Sumbangan efektif yang diberikan dari masing-masing variabel bebas yaitu motivasi dan displin belajar terhadap prestasi belajar matematika adalah sebesar 0,7% dan 2,0%
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | motivasi, disiplin belajar, prestasi belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Cahyana K. Widada |
Date Deposited: | 29 Mar 2012 10:28 |
Last Modified: | 29 Mar 2012 11:18 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17598 |
Actions (login required)
View Item |