WAHID , ABDUL (2012) Pembelajaran Kemampuan Bersastra Pada Siswa Kelas Xi Ipa Sma Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (200kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (133kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (188kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (166kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (94kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (127kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan antara lain: Pertama, mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran kemampuan bersastra pada siswa kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 2 Surakarta tahun ajaran 2010/2011. Kedua, mendeskripsikan faktor yang mendukung dalam pelaksanaan pembelajaran kemampuan bersastra kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 2 Surakarta tahun ajaran 2010/2011. Ketiga, mendeskripsikan faktor yang menghambat pelaksanaan pembelajaran kemampuan bersastra kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 2 Surakarta tahun ajaran 2010/2011. Metode penelitian adalah kualitatif deskriptif. Objek Penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 2 Surakarta tahun ajaran 2010/2011. Sumber Data dalam penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia, siswa kelas XI IPA, dokumen, dan lokasi penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Pembelajaran kemampuan bersastra pada siswa kelas XI IPA terdiri dari cerpen, drama, dan hikayat; (2) Pelaksanaan pembelajaran cerpen sampai pada tahap siswa menulis karya cerpen, pelaksanaan pembelajaran drama sampai pada tahap pementasan drama, pelaksanaan pembelajaran hikayat sampai pada pendeskripsian unsur-unsur pembangun karya hikayat. (3) Faktor pendukung pembelajaran kemampuan bersastra adalah minat siswa yang tinggi, metode yang digunakan guru, sumber materi dan majalah dinding. (4) Faktor Penghambat pembelajaran kemampuan bersastra adalah sarana dan prasarana serta alokasi waktu
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | sastra, cerpen, drama, hikayat |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | Users 13 not found. |
Date Deposited: | 28 Mar 2012 10:37 |
Last Modified: | 28 Mar 2012 10:37 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17570 |
Actions (login required)
View Item |