Pembelajaran Kemampuan Bersastra Pada Siswa Kelas Xi Ipa Sma Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011

WAHID , ABDUL (2012) Pembelajaran Kemampuan Bersastra Pada Siswa Kelas Xi Ipa Sma Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (200kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (133kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (127kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan antara lain: Pertama, mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran kemampuan bersastra pada siswa kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 2 Surakarta tahun ajaran 2010/2011. Kedua, mendeskripsikan faktor yang mendukung dalam pelaksanaan pembelajaran kemampuan bersastra kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 2 Surakarta tahun ajaran 2010/2011. Ketiga, mendeskripsikan faktor yang menghambat pelaksanaan pembelajaran kemampuan bersastra kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 2 Surakarta tahun ajaran 2010/2011. Metode penelitian adalah kualitatif deskriptif. Objek Penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 2 Surakarta tahun ajaran 2010/2011. Sumber Data dalam penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia, siswa kelas XI IPA, dokumen, dan lokasi penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Pembelajaran kemampuan bersastra pada siswa kelas XI IPA terdiri dari cerpen, drama, dan hikayat; (2) Pelaksanaan pembelajaran cerpen sampai pada tahap siswa menulis karya cerpen, pelaksanaan pembelajaran drama sampai pada tahap pementasan drama, pelaksanaan pembelajaran hikayat sampai pada pendeskripsian unsur-unsur pembangun karya hikayat. (3) Faktor pendukung pembelajaran kemampuan bersastra adalah minat siswa yang tinggi, metode yang digunakan guru, sumber materi dan majalah dinding. (4) Faktor Penghambat pembelajaran kemampuan bersastra adalah sarana dan prasarana serta alokasi waktu

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: sastra, cerpen, drama, hikayat
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 28 Mar 2012 10:37
Last Modified: 28 Mar 2012 10:37
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17570

Actions (login required)

View Item View Item