Pengaruh Motivasi Belajar dan Kedisiplinan Siswa Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri I Manyaran Tahun Ajaran 2010/2011

SRI WIDIYANTI, SRI WIDIYANTI (2012) Pengaruh Motivasi Belajar dan Kedisiplinan Siswa Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri I Manyaran Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan )
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (102kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (28kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (162kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (Lampiran )
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (214kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Untuk mngetahui pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar; 2) Untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan siswa terhadap prestasi belajar; 3) Untuk mengetahui pengaruh hubungan antara motivasi belajar dan kedisiplinan siswa dalam partisipasinya pada interaksi edukatif terhadap prestasi belajar. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Manyaran tahun ajaran 2010/2011. Sampel diambil sebanyak 50 siswa. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diujicobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 31,964+ 0,372X1 + 0,468X2. Persamaan menunjukkan bahwa prestasi belajar dipengaruhi oleh motivasi belajar dan kedisiplinan siswa. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Ada pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Manyaran tahun ajaran 2010/2011. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,144 > 2,012 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,037 dengan sumbangan efektif sebesar 14,76%; 2) Ada pengaruh yang signifikan kedisiplinan siswa terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Manyaran tahun ajaran 2010/2011. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,937 > 2,012 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,005, dengan sumbangan efektif sebesar 22,14%; 3) Ada pengaruh yang signifikan motivasi belajar dan kedisiplinan siswa terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Manyaran tahun ajaran 2010/2011. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 13,740 > 3,195 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. Dengan koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,369. 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,369 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh antara motivasi belajar dan kedisiplinan siswa terhadap prestasi belajar siswa adalah sebesar 36,9% sedangkan 63,1% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Kata Kunci: Motivasi Belajar, Kedisiplinan Siswa, Dan Prestasi Belajar

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Kedisiplinan Siswa, Dan Prestasi Belajar
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 28 Mar 2012 05:31
Last Modified: 28 Mar 2012 05:31
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17549

Actions (login required)

View Item View Item