Penerapan Strategi Pembelajaran Tutor Sebaya Dengan Superitem Untuk Meningkatkan Koneksi Belajar Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VIII A Semester I SMP Negeri 2 Todanan Tahun Ajaran 2011/2012)

Khotimah, Syukria Husnul (2012) Penerapan Strategi Pembelajaran Tutor Sebaya Dengan Superitem Untuk Meningkatkan Koneksi Belajar Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VIII A Semester I SMP Negeri 2 Todanan Tahun Ajaran 2011/2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (126kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (23kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (146kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (131kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (73kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan strategi pembelajaran tutor sebaya dengan superitem pada pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel dan mengetahui peningkatan koneksi belajar matematika siswa melalui penerapan strategi pembelajaran tutor sebaya dengan superitem. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan desain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah guru matematika kelas VIII A SMP Negeri 2 Todanan sebagai pemberi tindakan, serta siswa-siswa kelas VIII A yang berjumlah 31 siswa sebagai subyek penerima tindakan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, tes, catatan lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yaitu data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilaksanakan dan dikembangkan selama proses pembelajaran. Dari penelitian tidakan kelas ini yang dapat disimpulkan yaitu: 1) Kemampuan menyampaikan materi dengan baik dengan teman satu kelompok dalam diskusi, meningkat dari 6,5% menjadi 54,8%, 2) Kemampuan mengarahkan dan mau berbagi cara dengan menjelaskan tahapan-tahapan dalam penyelesaian soal dengan teman sebaya baik kerja kelompok ataupun tidak, meningkat dari 3,2% menjadi 51,6%, 3) Keberanian siswa maju ke depan kelas untuk menjelaskan dan menyampaikan pendapat ataupun mengerjakan soal tanpa harus ditunjuk oleh guru, meningkat dari 6,5% menjadi 38,7%, 4) Kemampuan berkomunikasi secara efektif dengan orang lain dalam mencari tahu solusi dalam penyelesaian masalah (soal), meningkat dari 3,2% menjadi 48,4%, 5) Kemampuan menyelesaikan soal dengan baik dengan konsep yang benar, meningkat dari 9,7% menjadi 64,5%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran tutor sebaya dengan superitem dapat meningkatkan koneksi belajar matematika siswa dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Koneksi, Pembelajaran Matematika, Strategi Pembelajaran Tutor Sebaya, Superitem.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 28 Mar 2012 04:37
Last Modified: 28 Mar 2012 04:37
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17546

Actions (login required)

View Item View Item