Permainan Memasangkan Gambar Dengan Kata Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca PAda Anak Kelompok A di TK Aisyiyah Kota Pasir Surakarta Tahun 2011/2012

Miatun, Sri (2012) Permainan Memasangkan Gambar Dengan Kata Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca PAda Anak Kelompok A di TK Aisyiyah Kota Pasir Surakarta Tahun 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (137kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (32kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (27kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca pada anak. Jenis metode penelitian yang diambil oleh peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan subyek penelitian yang diambil peneliti ialah anak kelompok A1 di TK Aisyiyah Kota Pasir Surakarta dengan jumlah anak sebanyak 23 anak yang terdiri dari 13 anak laki-laki dan 10 anak perempuan. Data tentang peningkatan kemampuan membaca dikumpulkan dengan menggunakan observasi dan catatan lapangan. Analisa data yang dilakukan pada penelitian ini adalah komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah terjadi peningkatan kemampuan membaca pada anak kelompok A di TK Aisyiyah Kota Pasir dengan menggunakan permainan memasangkan gambar dengan kata. Hal ini dapat dilihat pada prosentase kemampuan membaca anak dari sebelum tindakan sampai dengan siklus III yakni sebelum tindakan prosentase kemampuan membaca anak sebesar 45% atau 5 anak, peningkatan kemampuan membaca anak siklus I mencapai 54 % atau 9 anak dan peningkatan kemampuan membaca anak pada siklus II mencapai 64 % atau 12 anak dan pada siklus III sebesar 75 % atau 17 anak. Dengan demikian permainan memasangkan gambar dengan kata dapat meningkatkan kemampuan membaca pada anak kelompok A di TK Aisyiyah Kota Pasir Surakarta.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan membaca, permainan memasangkan gambar dengan kata
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 27 Mar 2012 06:35
Last Modified: 27 Mar 2012 06:35
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17533

Actions (login required)

View Item View Item