Penerapan Strategi Creative Approach (metode problem solving) berbsis Pictorial Riddle Approach untuk meningkatkan hasil belajar IPA kelas V SDN 5 Tawangmangu

Lismawati, Ratna (2012) Penerapan Strategi Creative Approach (metode problem solving) berbsis Pictorial Riddle Approach untuk meningkatkan hasil belajar IPA kelas V SDN 5 Tawangmangu. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan )
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (255kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (31kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (101kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (105kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (497kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran )
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Dalam pelaksanaan pembelajaran guru harus dapat memilih dan menggunakan beberapa strategi mengajar yang sesuai. Strategi Creative Approach (Metode Problem solving) berbasis Pictorial Riddle Approach sangat tepat dalam membantu siswa dalam meningkatkan hasil belajar khususnya pada mata pelajaran IPA. Hal tersebut menarik untuk dikaji dalam bentuk penelitian. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bersifat kolabiratif antara peneliti dan guru kelas V yang membantu pelaksanaan penelitian. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 05 Tawangmangu yang berjumlah 23 siswa. Tekhnik pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi dan test. Adapun prosedur penelitian dilakukan melalui dua siklus dan setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian mampu menjawab rumusan masalah, mencapai tujuan penelitian dan menjawab hipotesis penelitian yaitu: strategi Creative Approach (Metode Problem solving) berbasis Pictorial Riddle Approach dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SDN 05 Tawangmangu Kecamatan Tawangmangu Kabupaten Karanganyar. Dibuktikan dengan hasil analisis data rata-rata hasil belajar siswa meningkat. Dari hasil pembelajaran siklus I 70 % yang tuntas belajar sedangkan pada siklus II ketuntasan hasil belajar meningkat menjadi 82,60 %. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan strategi Creative Approach (Metode Problem solving) berbasis Pictorial Riddle Approach dapat meningkatkan hasil belajar IPA.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar IPA, strategi Creative Approach (Metode Problem solving) berbasis Pictorial Riddle Approach
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 26 Mar 2012 06:47
Last Modified: 26 Mar 2012 06:47
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17501

Actions (login required)

View Item View Item