Lismawati, Ratna (2012) Penerapan Strategi Creative Approach (metode problem solving) berbsis Pictorial Riddle Approach untuk meningkatkan hasil belajar IPA kelas V SDN 5 Tawangmangu. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan )
02._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (255kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (31kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (101kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (105kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (497kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (18kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (9kB) |
|
PDF (Lampiran )
09._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (13MB) |
Abstract
Dalam pelaksanaan pembelajaran guru harus dapat memilih dan menggunakan beberapa strategi mengajar yang sesuai. Strategi Creative Approach (Metode Problem solving) berbasis Pictorial Riddle Approach sangat tepat dalam membantu siswa dalam meningkatkan hasil belajar khususnya pada mata pelajaran IPA. Hal tersebut menarik untuk dikaji dalam bentuk penelitian. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bersifat kolabiratif antara peneliti dan guru kelas V yang membantu pelaksanaan penelitian. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 05 Tawangmangu yang berjumlah 23 siswa. Tekhnik pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi dan test. Adapun prosedur penelitian dilakukan melalui dua siklus dan setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian mampu menjawab rumusan masalah, mencapai tujuan penelitian dan menjawab hipotesis penelitian yaitu: strategi Creative Approach (Metode Problem solving) berbasis Pictorial Riddle Approach dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SDN 05 Tawangmangu Kecamatan Tawangmangu Kabupaten Karanganyar. Dibuktikan dengan hasil analisis data rata-rata hasil belajar siswa meningkat. Dari hasil pembelajaran siklus I 70 % yang tuntas belajar sedangkan pada siklus II ketuntasan hasil belajar meningkat menjadi 82,60 %. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan strategi Creative Approach (Metode Problem solving) berbasis Pictorial Riddle Approach dapat meningkatkan hasil belajar IPA.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar IPA, strategi Creative Approach (Metode Problem solving) berbasis Pictorial Riddle Approach |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 26 Mar 2012 06:47 |
Last Modified: | 26 Mar 2012 06:47 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17501 |
Actions (login required)
View Item |