Usaha Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Guided Note Taking (GNT) Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Jeruk I Kecamatan Miri Kabupaten Sragen tahun pelajaran 2011/2012

Asiyah, Siti (2012) Usaha Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Guided Note Taking (GNT) Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Jeruk I Kecamatan Miri Kabupaten Sragen tahun pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan )
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (319kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (200kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (237kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (426kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (276kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (180kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (132kB)
[img] PDF (Lampiran )
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar Matematika masih rendah, hanya 29% dari jumlah siswa yang mendapatkan nilai ≥65, memenuhi KKM, metode yang digunakan masih konvensional.Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar Matematika melalui metode pembelajaran Guided Note Taking (GNT) pada siswa kelas IV SDN Jeruk I Kecamatan Miri, Kabupaten Sragen. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode pengumpulan data adalah observasi aktivitas siswa dan guru, wawancara, tes dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan tehnis analisis kualitatif, yang salah satu modelnya adalah tehnik analisis interaktif yang terdiri dari tiga komponen yaitu reduksi data, beberan (display) data, dan penarikan kesimpulan.Subjek penelitian ini adalah siswa dan guru kelas IV SD Negeri Jeruk I Kecamatan Miri Kabupaten Sragen. Hasil tindakan kelas ini melalui dua siklus: I dari 28 siswa yang masuk terdapat 15 siswa (54%) yang mendapatkan nilai ≥65, sesuai KKM. Pada siklus ke II siswa yang masuk 28, dari terdapat siswa (82%) yang mendapat nilai ≥65 sesuai KKM dari data tersebut ada kenaikan 28% dari siklus I. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa implementasi metode Guided Note Taking (GNT) dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas IV SD Negeri Jeruk I Kecamatan Miri Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2011/2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran Guided Note Taking (GNT), hasil belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 26 Mar 2012 06:26
Last Modified: 26 Mar 2012 06:26
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17500

Actions (login required)

View Item View Item