UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PENDEKATAN QUANTUM LEARNING (PTK Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Masaran Sragen)

Ermawati, Dina (2007) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PENDEKATAN QUANTUM LEARNING (PTK Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Masaran Sragen). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
A410030016.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (725kB)

Abstract

Tujuan umum penelitian ini adalah menerapkan pendekatan Quantum Learning dalam pembelajaran matematika guna peningkatan motivasi belajar matematika siswa dalam pembelajaran matematika. Tujuan khusus penelitian ini adalah untuk memahami peningkatan motivasi belajar matematika siswa telah mendapatkan pembelajaran matematika dengan pendekatan Quantum Learning. Subjek penerima tindakan adalah seluruh siswa kelas VII E SMP Muhammadiyah 2 Masaran Sragen. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, catatan lapangan, review dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode alur. Hasil penelitian meliputi : (1) Keaktifan pada putaran I sebesar 41,86%, pada putaran II sebesar 58,14%, dan pada putaran III mencapai 79,07%. (2) Perhatian pada putaran I sebesar 32,56%, pada putaran II sebesar 55,81%, dan pada putaran III mencapai 81,39%. (3) Kemandirian siswa pada putaran I sebesar 34,88%, pada putaran II sebesar 51,16%, dan pada putaran III mencapai 74,42%. (4) Motivasi belajar siswa pada putaran I sebesar 37,21%, pada putaran II sebesar 55,81%, dan pada putaran III mencapai 88,37%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Belajar, Quantum, Learning.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 23 Jul 2008 02:11
Last Modified: 31 Jan 2011 06:47
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/175

Actions (login required)

View Item View Item