Penerapan Pendekatan Heuristik Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Sifat-Sifat Cahaya Dalam Mata Pelajaran IPA Pada Siswa Kelas V SD Negeri 01 Kebak Tahun Ajaran 2011/2012

Ngadino, Ngadino (2012) Penerapan Pendekatan Heuristik Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Sifat-Sifat Cahaya Dalam Mata Pelajaran IPA Pada Siswa Kelas V SD Negeri 01 Kebak Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Univesitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (54kB)
[img]
Preview
PDF (Bab.I)
BAB_I.pdf

Download (21kB)
[img] PDF (Bab.II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img]
Preview
PDF (Bab.III)
BAB_III.pdf

Download (55kB)
[img] PDF (Bab.IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (146kB)
[img] PDF (Bab.V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSAKA.pdf

Download (6kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan Pemahaman Konsep Sifat-Sifat Cahaya melalui Pendekatan Heuristik pada siswa kelas V SD Negeri 01 Kebak tahun ajaran 2011/ 2012. (2) meningkatkan kemampuan guru dan siswa dalam proses pembelajaran IPA melalui pendekatan heuristik Penelitian ini menggunakan metode pendekatan heuristik, dengan jumlah 23 siswa ( 8 putra dan 15 putri ). Sumber data yang digunakan yaitu: sumber data pokok ( primer ) yaitu siswa, guru dan Kepala Sekolah. Sumber data sekunder meliputi arsip / dokumen hasil pengamatan, tes hasil belajar, dan foto. Teknik pengumpulan data dengan pengamatan (observasi), wawancara, dokumentasi, dan tes. Data yang dikumpulkan untuk dianalisis dalam penelitian tindakan kelas ini adalah data hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam metode ini adalah pendekatan heuristik Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar IPA. Hal ini dapat terlihat pada putaran I, siswa yang tuntas belajar sebanyak 13 siswa, dengan persentase ketuntasan belajar 56,52 %. Pada putaran II menunjukkan peningkatan yang signifikan terlihat pada siswa yang tuntas belajar sebanyak 23 siswa, dengan persentase ketuntasan belajar 100%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa melalui pendekatan heuristik dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi sifat-sifat cahaya pada siswa kelas V SD Negeri 01 Kebak tahun pelajaran 2011/ 2012

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: aktifitas, kreatifitas, heuristik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 22 Mar 2012 11:25
Last Modified: 22 Mar 2012 11:25
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17483

Actions (login required)

View Item View Item