Penggunaan Strategi Pembelajaran Modul Berbasis Kartun untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 02 Bangsri Kecamatan Karangpandan Kabupaten Karanganyar

Palupi, Retno (2012) Penggunaan Strategi Pembelajaran Modul Berbasis Kartun untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 02 Bangsri Kecamatan Karangpandan Kabupaten Karanganyar. Skripsi thesis, Univesitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (175kB)
[img]
Preview
PDF (Bab.I)
BAB_I.pdf

Download (50kB)
[img] PDF (Bab.II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (138kB)
[img] PDF (Bab.III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (59kB)
[img] PDF (Bab.IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216kB)
[img] PDF (Bab.V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (33kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_-_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (401kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini dalah untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV SD Negeri 02 Bangsri melalui penggunaan strategi pembelajaran modul berbasis kartun. Jenis penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 02 Bangsri. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes, dan wawancara. Instrumen yang digunakan lembar pengamatan, soal tes, dan daftar nilai kelas IV SD Negeri 02 Bangsri. Hasil penelitian ini, data awal siswa yang mencapai ketuntasan minimal adalah 55%, pada siklus I hasil belajar siswa yang mencapai ketuntasan minimal meningkat menjadi 70%. Pada siklus II hasil belajar siswa yang mencapai ketuntasan minimal meningkat menjadi 90%. Yang mana pada siklus II telah mencapai indikator keberhasilan yaitu 90% siswa mencapai nilai diatas nilai KKM yaitu ≥ 7,0. Dengan demikian dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran modul berbasis kartun dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 02 Bangsri Kecamatan Karangpandan Kabupaten Karanganyar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Modul Berbasis Kartun, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 22 Mar 2012 10:38
Last Modified: 22 Mar 2012 10:38
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17477

Actions (login required)

View Item View Item