Pengaruh Variasi Kuningan 2 Gram, 4 Gram, 6 Gram PAda Pembuatan Kampas Rem Terhadap Keausan, Suhu dan Kekrasan Dengan Perbandingan Kampas Rem Yamaha Part

Afendiyanto, Fahrudin (2012) Pengaruh Variasi Kuningan 2 Gram, 4 Gram, 6 Gram PAda Pembuatan Kampas Rem Terhadap Keausan, Suhu dan Kekrasan Dengan Perbandingan Kampas Rem Yamaha Part. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (483kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (21kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (669kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (19kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pada pembuatan kampas rem dengan variasi komposisi 2, 4, 6 gram kuningan bertujuan untuk mengetahui tingkat performa dari kampas rem non asbes dengan perekat resin Ripoxy R-802 dibandingkan dengan kampas rem yamahapart. Penelitian ini diawali dengan pembuatan kampas rem non-asbes dengan bahan yaitu fiberglass, kuningan, alumunium, tembaga, karbon, kalsium karbonat, barium sulfat, serbuk silika dan resin ripoxy +katalis. Setelah itu mencampur bahan kampas rem sesuai dengan komposisi yang telah ditentukan. Kemudian dipress dengan beban 2 ton selama 25 menit kemudian dipanaskan (sinter) dengan suhu 80 ºC selama 25 menit. Setelah spesimen jadi kemudian diuji gesek dengan beban 18 kg selama 3 jam dengan uji kering,penyemprotan air, air laut, oli, minyak rem dan diukur keausan, Suhu kampas rem,dan diuji kekerasan Brinell dengan gaya 613 Newton. Hasil penelitian menunjukan bahwa kampas rem yamahapart lebih tahan aus dari pada kampas rem variasi kuningan pada uji gesek selama 3 jam disemua kondisi. Dengan memvariasi kuningan 2 gram, 4 gram, 6 gram pada komposisi kampas rem mampu mempengaruhi ketahanan aus dari kampas rem tersebut. Suhu kampas rem variasi kuningan lebih rendah dan lebih baik dibandingkan dengan kampas rem yamahapart pada uji gesek selama 3 jam disemua kondisi. Nilai kekerasan kampas rem dengan variasi kuningan yaitu sebesar 10.916 BHN sedangkan kampas rem yamahapart yaitu sebesar 12.487 BHN .

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kampas rem, kuningan, uji gesek
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 22 Mar 2012 08:13
Last Modified: 22 Mar 2012 12:08
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17463

Actions (login required)

View Item View Item