Upaya Peningkatan kemampuan Komunikasi Siswa dan Pemahaman konsep Matematika Melalui Metode Cooperative Integrated reading and composition ( CIRC ) ( PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII B SMP Negeri 1 Kwadungan )

Nuryati, Eni (2012) Upaya Peningkatan kemampuan Komunikasi Siswa dan Pemahaman konsep Matematika Melalui Metode Cooperative Integrated reading and composition ( CIRC ) ( PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII B SMP Negeri 1 Kwadungan ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER_dst.pdf

Download (603kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (26kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (130kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (43kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
daftar__pustaka.pdf

Download (16kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi dan pemahaman konsep matematika pada siswa kelas VII B SMP Negeri 1 Kwadungan dengan menggunakan metode Cooperative Integrated Reading and Compotition ( CIRC ). Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VII B SMP Negeri 1 Kwadungan yang berjumlah 26 siswa, dan subjek pemberi tindakan adalah guru matematika kelas VII B SMP Negeri 1 Kwadungan. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan model alur, yaitu data dianalisis sejak tindakan pembelajaran, dilaksanakan selama proses pembelajaran dan dikembangkan selama proses refleksi sampai proses penyusunan laporan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatkan kemampuan komunikasi dan pemahaman konsep matematika, hal ini dapat dilihat dari peningkatan indikator-indikator kemampuan komunikasi, yaitu: (1) kemampuan siswa dalam mempresentasikan hasil pekerjaannya meningkat dari 19,2% menjadi 75%, (2) kemampuan siswa dalam menanyakan hal yang belum mereka pahami meningkat dari 0% menjadi 37,5%, dan (3) kemampuan siswa dalam memberikan alasan rasional terhadap suatu pernyataan meningkat dari 7,7% menjadi 66,7% dan dari peningkatan indikatorindikator pemahaman konsep matematika, yaitu: (1) kemampuan siswa dalam menjawab pertanyaan guru dan mengerjakan soal dengan tepat meningkat dari 15,4% menjadi 66,7%, (2) kemampuan siswa dalam mengaplikasikan konsep dari 15,4% menjadi 66,7%, dan (3) kemampuan siswa dalam membuat kesimpulan dari 3,8% menjadi 54,2% . Dari hasil penelitan dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Cooperative Integrated Reading and Compotition ( CIRC ) dapat meningkatkan kemampuan komunikasi dan pemahaman konsep matematika pada siswa kelas VII B SMP Negeri 1 Kwadungan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: CIRC, kemampuan komunikasi, pemahaman konsep matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 26 Mar 2012 06:47
Last Modified: 26 Mar 2012 06:47
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17439

Actions (login required)

View Item View Item