Analisis Rasio Keuangan Dalam Memprediksi Perubahan Laba Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (2007-2009)

Cahyani , Aulia Dian (2012) Analisis Rasio Keuangan Dalam Memprediksi Perubahan Laba Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (2007-2009). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan )
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (989kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (40kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (66kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (134kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (180kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (279kB)

Abstract

Informasi laba bagi para investor merupakan informasi yang sangat penting. Bukan hanya merupakan informasi laba masa lalu dan sekarang tetapi juga masa yang akan datang. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti empiris pengaruh analisis rasio keuangan dalam memprediksi perubahan laba. Dalam hal ini peneliti menggunakan data yang berupa laporan keuangan perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Peneliti menggunakan sampel sebanyak 32 perusahaan manufaktur yang dipilih secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data penelitian ini dengan teknik dokumentasi. Variabel dalam penelitian ini yaitu perubahan laba, current ratio, debt to equity ratio, net profit margin, gross profit margin, inventory turnover dan total assets turnover. Dari hasil pengujian melalui analisis regresi berganda dan uji asumsi klasik maka dapat disimpulkan bahwa current ratio dan inventory turnover berpengaruh negatif signifikan terhadap perubahan laba, sedangkan net profit margin dan total assets turnover berpengaruh positif signifikan terhadap perubahan laba serta variabel debt to equity ratio berpengaruh positif terhadap perubahan laba tahun 2007 dan gross profit margin berpengaruh positif tahun 2009 terhadap perubahan laba.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perubahan laba perusahaan, current ratio, debt to equity ratio, net profit margin, gross profit margin, inventory turnover dan total assets turnover.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 21 Mar 2012 05:10
Last Modified: 21 Mar 2012 05:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17433

Actions (login required)

View Item View Item