PERBANDINGAN HASIL PEMBELAJARAN ANTARA STRATEGI CARD SORT DAN INDEX CARD MATCH PADA MATERI FIQIH PUASA (di kelas VIII MTs Muhammadiyah Blimbing Polokarto Sukoharjo Tahun Pelajaran 2010/2011)

LISTRIHARTO , RUDI (2012) PERBANDINGAN HASIL PEMBELAJARAN ANTARA STRATEGI CARD SORT DAN INDEX CARD MATCH PADA MATERI FIQIH PUASA (di kelas VIII MTs Muhammadiyah Blimbing Polokarto Sukoharjo Tahun Pelajaran 2010/2011). Diploma thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (haldepan)
1.HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (76kB)
[img]
Preview
PDF (bab1)
2.BAB_I.pdf

Download (39kB)
[img] PDF (bab2)
3.BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (62kB)
[img] PDF (bab3)
4.BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)
[img] PDF (bab4)
5.BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (160kB)
[img] PDF (bab5)
6.BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (daftarpustaka)
7.DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (lampiran)
8.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB)

Abstract

Salah satu faktor keberhasilan Active Learning/pembelajaran aktif adalah tepat tidaknya seorang pendidik memakai metode pembelajaran. Penggunaan strategi yang tidak sesuai akan menjadi kendala untuk mencapai tujuan yang telah dirumuskan. Karena itu, efektivitas penggunaan strategi pembelajaran dapat terjadi bila ada kesesuaian antara antara program yang direncanakan dengan tujuan yang diinginkan. Penelitian ini berjudul “Perbandingan hasil pembelajaran antara Strategi Card Sort dan Index Card Match pada materi Fiqih Puasa di kelas VIII MTs Muhammadiyah Blimbing Polokarto Sukoharjo Tahun Pelajaran 2010/2011”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui manakah yang lebih baik antara Strategi Card Sort dan Index Card Match jika diterpkan di kelas VIII MTs Muhammadiyah Blimbing Polokarto Sukoharjo. Jenis penelitian adalah penelitian lapangan dengan metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, observasi dan dokumentasi, dengan sampel penelitian kelas VIII A dan VIIIB di MTs Muhammadiyah Blimbing Polokarto Sukoharjo. Subyek penelitian sebanyak 29 siswa yang diambil dengan tehnik purposive sampling, 15 siswa diuji menggunakan Strategi Card Sort dan 14 siswa diuji dengan Strategi Index Card Match. Pelaksanaan Strategi Card Sort dan Index Card Match menggunakan dua Lesson Plan yang berbeda, tetapi membahas sub pokok bahasan yang sama yaitu membahas tentang puasa. Evaluasi pembelajaran Strategi Card Sort dan Index x Card Match menggunakan soal dengan tipe pilihan ganda sebanyak dua puluh lima butir. Soal tersebut sudah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil pembelajaran Strategi Card Sort dan Index Card Match diuji menggunakan t-tes dengan sistem SPSS seri 10.1, mendapat hasil t-test dengan Strategi Card Sort adalah sebesar 75,017 dan Strategi Index Card Match sebesar 68, 454. Hasil tersebut menunjukan bahwa ada perbedaan hasil pembelajaran Fiqih Puasa dengan menggunakan Strategi Card Sort dan Index Card Match, dimana hasil pembelajaran dengan menggunakan Strategi Card Sort lebih baik daripada menggunakan Strategi Index Card Match.

Item Type: Karya ilmiah (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi Card Sort, Strategi Index Card Match, Hasil Pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 20 Mar 2012 10:22
Last Modified: 20 Mar 2012 10:22
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17422

Actions (login required)

View Item View Item