ANALISIS PENGARUH BIAYA POMOTIONAL MIX TERHADAP VOLUME PENJUALAN DI CV. SAHABAT KLATEN

Prabowo, Kukuh Bagus (2008) ANALISIS PENGARUH BIAYA POMOTIONAL MIX TERHADAP VOLUME PENJUALAN DI CV. SAHABAT KLATEN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
B100040170.pdf

Download (190kB)
[img] PDF
B100040170.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (756kB)

Abstract

Mencermati kondisi di negara kita sekarang ini, dampak dari krisis ekonomi masih menyisakan berbagai masalah bagi perusahaan. Sehingga banyak perusahaan yang ada di Indonesia gulung tikar atau tidak mampu mempertahankan kelangsungan hidupnya. Dalam hal melakukan persaingan, perusahaan harus menerapkan strategi pemasaran yang efektif, perusahaan juga harus dapat menyesuaikan dengan kondisi pasar yang dihadapi oleh perusahaan sehingga strategi pemasaran dapat berhasil. Keberhasilan strategi pemasaran dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain: riset dan analisis pasar, keputusan tentang produk, penetapan harga distribusi dan promosi. Promotional mix merupakan salah satu dari unsur strategi pemasaran. Oleh karena itu, tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauhmana pengaruh promotional mix serta efektifitasnya terhadap volume penjualan di CV. Sahabat Klaten. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah data volume penjualan (variabel dependent) dan data biaya promotional mix (variabel independent) pada tahun 2002 sampai 2006 di perusahaan percetakan CV. Sahabat Klaten. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dengan menggunakan alat analisa regresi linier berganda menunjukkan bahwa untuk variabel-variabel yang secara signifikan berpengaruh terhadap volume penjualan adalah promosi penjualan (X2), personal selling (X3), dan publisitas (X4). Hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikan t pada variabel biaya promosi penjualan sebesar 0,002. variabel biaya personal selling sebesar 0,000 dan biaya publisitas sebesar 0,017 signifikan pada tingkat kepercayaan sebesar 95%. Sedangkan biaya periklanan (X1) tidak berpengaruh signifikan. Tetapi keempat variabel secara bersama-sama berpengaruh terhadap volume penjualan. Dari hasil analisis di atas yang mempunyai pengaruh paling kuat dalam meningkatkan volume penjualan adalah personal selling diikuti oleh publisitas kemudian promosi penjualan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: promotional mix, volume penjualan
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 28 May 2009 04:00
Last Modified: 02 Feb 2011 03:53
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/1741

Actions (login required)

View Item View Item