Riyanto, Sugeng (2011) Pemikiran Pendidikan Nilai AbdullahNashih Ulwan ( Dalam Kitab Tarbiyatul Aulad Fil Islam. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (232kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (98kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (46kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (86kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (33kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (16kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (10kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (104kB) |
Abstract
Salah satu konsep pendidikan yang bertujuan membentuk karakter anak adalah Pendidikan Nilai. Pendidikan ini dimaksudkan untuk membantu peserta didik agar memahami, menyadari, dan mengalami nilai-nilai serta mampu menempatkan secara integral dalam kehidupan. Nilai oleh Hartoko secara hierarkis dibagi menjadi tiga yaitu nilai agama, nilai kesusilaan (moral) dan nilai sosial. Dari sini dapat dilihat bahwa pendidikan nilai dibangun dari tiga sistem nilai ini. Berawal dari permasalahan di atas, penulis mencoba menjelaskan pemikiran Pendidikan Nilai Abdullah Nashih Ulwan dalam salah satu karangannya yang berjudul “ Tarbiyatul Aulad Fil Islam“. Penelitian ini bertujuan mengungkap pemikiran pendidikan Nilai Abdullah Nashih Ulwan dalam kitab tersebut, diharapkan dapat dipergunakan sebagai penyempurnaan pendidikan Islam, terutama tentang materinya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif melalui tinjauan historis dan psilokogis-paedagogis, dengan subyek penelitiannya yaitu salah satu kitab Abdullah Nashih Ulwan yang berjudul Tarbiyatul Aulad Fil Islam. Pengumpulan data dilakukan melalui pengumpulan data-data yang terdapat di berbagai literatur. Penekanan dalam pengumpulan data ini adalah menemukan berbagai prinsip, dalil, teori dan gagasannya. Penelitian ini menganalisis tentang pengertian, tujuan dan upaya penanaman nilai yang tertuang dalam kitab tersebut. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: Pendidikan Nilai dalam kitab Tarbiyatul Aulad Fil Islam terbagi dalam tiga ranah, yaitu : pendidikan keimanan, pendidikan moral dan pendidikan sosial; 1) Pendidikan keimanan dimaksudkan sebagai upaya mengikat seorang anak dengan dasar-dasar keimanan, rukun Islam, dan syari’at. Tujuannya agar anak hanya mengenal Islam sebagai din-nya. Al- Qur’an sebagai imamnya dan Rasulullah sebagai pemimpin dan teladannya; 2) Pendidikan moral adalah serangkaian prinsip dasar moral dan keutamaan sikap serta watak (tabiat) yang harus dimulai dan dijadikan kebiasaan oleh anak sejak dini hingga ia menjadi seorang mukallaf, siap dalam mengarungi lautan kehidupan; 3) Pendidikan sosial adalah mendidik anak sejak kecil agar terbiasa menjalankan perilaku sosial yang utama, dasar kejiwaan yang mulia yang bersumber pada aqidah islamiyah dan kesadaran iman yang mendalam agar di tengah-tengah masyarakat nanti, ia mampu bergaul dan berperilaku sosial yang baik, memiliki keseimbangan akal yang matang dan bijaksana.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Rak G000/2012-08 |
Uncontrolled Keywords: | Tarbiyatul Aulad,Pendidikan Nilai |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Cahyana K. Widada |
Date Deposited: | 19 Mar 2012 11:30 |
Last Modified: | 04 Jul 2012 06:15 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17402 |
Actions (login required)
View Item |