Meningkatkan Kemampuan Mengarang dengan Menggunakan Unsur 5W 1H pada Kelas IV MI Muhammadiyah Program Khusus Mojolegi tahun 2011/2012

Nurjanah, Siti (2012) Meningkatkan Kemampuan Mengarang dengan Menggunakan Unsur 5W 1H pada Kelas IV MI Muhammadiyah Program Khusus Mojolegi tahun 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (649kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (96kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (409kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (37kB)
[img] PDF (Lampiran)
HALAMAN_DEPAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (649kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengarang yang ditandai dengan meningkatnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi mengarang dengan menggunakan unsur 5W 1H pada kelas IV MI Muhammadiyah Program Khusus Mojolegi tahun 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas IV MI Muhammadiyah Program Khusus Mojolegi, Teras, Boyolali yang berjumlah 17 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mampu menjawab hipotesis bahwa penggunaan unsur 5W 1H dapat meningkatkan kemampuan mengarang siswa kelas IV MI Muhammadiyah Program Khusus Mojolegi Tahun 2011/2012. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan ketuntasan siswa dalam belajar. Sebelum diberikan tindakan kelas, dari keseluruhan jumlah siswa kelas IV sebanyak 17, prosentase siswa yang tuntas 13,3% kemudian pada Siklus I pertemuan pertama sebanyak 42,9% , pada siklus I Pertemuan kedua menjadi 64,8% dan pada siklus II meningkat sebanyak 88,2%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan unsur 5W 1H dapat meningkatkan kemampuan mengarang siswa kelas IV MI Muhammadiyah Program Khusus Mojolegi Tahun 2011/2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Unsur 5W 1H, Kemampuan Mengarang
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 19 Mar 2012 09:35
Last Modified: 19 Mar 2012 09:35
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17378

Actions (login required)

View Item View Item