Penggunaan Media Realia Untuk Meningkatkan Pemahaman Tentang Jenis-jenis Tanah Bagi Siswa Kelas V SD Negeri Purworejo 2 Kecamatan Gemolong Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2011/2012

Pratiwi, Hafit (2011) Penggunaan Media Realia Untuk Meningkatkan Pemahaman Tentang Jenis-jenis Tanah Bagi Siswa Kelas V SD Negeri Purworejo 2 Kecamatan Gemolong Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan )
01._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (780kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
02._BAB_I.pdf

Download (24kB)
[img] PDF (Bab II)
03.BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img] PDF (Bab III)
04._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (48kB)
[img] PDF (Bab IV)
05._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (119kB)
[img] PDF (Bab V)
06._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
07._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (7kB)
[img] PDF (Lampiran )
08._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (527kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman IPA siswa pada materi jenis-jenis tanah dengan menggunakan media realia pada siswa kelas V SD Negeri Purworejo 2 Kecamatan Gemolong Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2011/2012. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK(Penelitian Tindakan Kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas V SD Negeri Purworejo 2 yang berjumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, tes dan wawancara.Untuk menjamin validitas data teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode obsrvasi, metode wawancara, metode dokumentasi dan metode tes. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar pada materi jenis-jenis tanah. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar siswa yang sebelumnya hanya 33,33%. Pada siklus I hasil belajar yang dicapai mencapai 81,4% (mengalami peningkatan sebesar 48,07%). Pada siklus II hasil belajar yang dicapai sebesar 92,59% (mengalami peningkatan sbesar 11,19% dari siklus I). Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan Media Realia dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada materi jenis-jenis tanah.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak A510/2012-21
Uncontrolled Keywords: hasil belajar IPA, media realia.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 19 Mar 2012 06:24
Last Modified: 25 Jun 2012 10:36
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17366

Actions (login required)

View Item View Item