Penerapan Pendekatan Konstruktivisme Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Tentang Menulis Cerita Pada Siswa Kelas V SDN 03 Nangsri Kebakkramat Tahun 2011/2012

Khomarudin,, Khomarudin, (2012) Penerapan Pendekatan Konstruktivisme Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Tentang Menulis Cerita Pada Siswa Kelas V SDN 03 Nangsri Kebakkramat Tahun 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman__Depan.pdf

Download (142kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (70kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (252kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (133kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (227kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (32kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (19kB)
[img] PDF (Lampiran )
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1. mengetahui proses penerapan pendekatan konstruktivisme terhadap peningkatan hasil belajar bahasa Indonesia tentang menulis cerita pada siswa kelas V SDN 03 Nangsri tahun pelajaran 2011/2012, 2. mengetahui apakah penerapan pendekatan konstruktivisme dapat meningkatkan atau tidak hasil belajar bahasa Indonesia tentang menulis cerita pada siswa kelas V SDN 03 Nangsri tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bersifat kolaboratif antara peneliti, guru kelas dan kepala sekolah sebagai subjek yang membantu dalam perencanaan dan pengumpulan data. Subjek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas V SDN 03 Nangsri yang berjumlah 27 siswa terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dokumen dan tes. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yaitu data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilaksanakan dan dikembangkan selama proses pembelajaran. Alur yang dilalui meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa: 1. Proses penerapan pendekatan konstruktivisme dilaksanakan dengan kegiatan awal peneliti mengamati kegiatan pembelajaran di kelas, peneliti mengadakan koordinasi dengan guru kelas, dengan hasil akan diterapkannya pendekatan konstruktivisme dalam pembelajaran menulis cerita. Peneliti mengadakan pelatihan kepada guru kelas dengan tujuan untuk meyakinkan kepada guru kelas V dalam kegiatan pembelajaran. Pelaksanaan pendekatan konstruktivisme dilaksanakan dengan 2 siklus dan dalam bentuk RPP. 2. Penerapan pendekatan konstruktivisme dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia dalam menulis cerita. Hal ini dapat diketahui dari nilai rata-rata kelas hasil tes individu siswa siklus I yaitu nilai pretest sebesar 56,30 meningkat menjadi 69,26 pada siklus II sebesar 78,15. Keaktifan siswa pada siklus I menunjukkan angka 44,45% (12 siswa aktif pada saat pembelajaran) dan siklus II sebesar 77,78% (21 siswa aktif pada saat pembelajaran). Prosentase ketuntasan hasil belajar siswa siklus I sebesar 70,37% dan siklus II sebesar 85,18%. Dengan demikian terdapat peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pendekatan konstruktivisme, hasil belajar siswa
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 19 Mar 2012 05:34
Last Modified: 19 Mar 2012 13:06
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17360

Actions (login required)

View Item View Item