Ahmadi , Ahmadi (2012) Pengaruh Fasilitas Belajar dan Intensitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2008 Universitas Muhammadiyah Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan )
LAMPIRAN_DEPAN.pdf Download (318kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (214kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (216kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (411kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (217kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (11kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (180kB) |
|
PDF (Lampiran )
LAMPIRAN_BELAKANG.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh fasilitas belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa akuntansi angkatan 2008 Universitas Muhammadiyah Surakarta; 2) Untuk mengetahui pengaruh intensitas belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa akuntansi angkatan 2008 Universitas Muhammadiyah Surakarta; 3) Untuk mengetahui pengaruh fasilitas belajar dan intensitas belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa akuntansi angkatan 2008 Universitas Muhammadiyah Surakarta. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa pendidikan akuntansi angkatan 2008 universitas muhammadiyah surakarta. Sampel diambil sebanyak 123 mahasiswa. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diujicobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 1,154+ 0,016X1 + 0,019X2. Persamaan menunjukkan bahwa hasil prestasi belajar mahasiswa dipengaruhi oleh fasilitas belajar dan intensitas belajar. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Ada pengaruh yang signifikan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar pada mahasiswa program studi pendidikan akuntansi FKIP UMS angkatan 2008. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 3,200 > 1,980 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,002 dengan sumbangan efektif sebesar 9,5%; 2) Ada pengaruh yang signifikan intensitas belajar terhadap prestasi belajar pada mahasiswa program studi pendidikan akuntansi FKIP UMS angkatan 2008. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 4,652 > 1,980 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000, dengan sumbangan efektif sebesar 16,6%; 3) Ada pengaruh yang signifikan fasilitas belajar dan intensitas belajar terhadap prestasi belajar pada mahasiswa program studi pendidikan akuntansi FKIP UMS angkatan 2008. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 21,177 > 3,072 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. Dengan koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,261. 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,261 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh antara fasilitas belajar dan intensitas belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa adalah sebesar 26,1% sedangkan 73,9% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Fasilitas Belajar, Intensitas Belajar, Prestasi Belajar Mahasiswa |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 17 Mar 2012 06:50 |
Last Modified: | 17 Mar 2012 09:49 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17357 |
Actions (login required)
View Item |