Pengaruh Fasilitas Belajar dan Intensitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2008 Universitas Muhammadiyah Surakarta

Ahmadi , Ahmadi (2012) Pengaruh Fasilitas Belajar dan Intensitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2008 Universitas Muhammadiyah Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan )
LAMPIRAN_DEPAN.pdf

Download (318kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (214kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (411kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (217kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (180kB)
[img] PDF (Lampiran )
LAMPIRAN_BELAKANG.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh fasilitas belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa akuntansi angkatan 2008 Universitas Muhammadiyah Surakarta; 2) Untuk mengetahui pengaruh intensitas belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa akuntansi angkatan 2008 Universitas Muhammadiyah Surakarta; 3) Untuk mengetahui pengaruh fasilitas belajar dan intensitas belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa akuntansi angkatan 2008 Universitas Muhammadiyah Surakarta. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa pendidikan akuntansi angkatan 2008 universitas muhammadiyah surakarta. Sampel diambil sebanyak 123 mahasiswa. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diujicobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 1,154+ 0,016X1 + 0,019X2. Persamaan menunjukkan bahwa hasil prestasi belajar mahasiswa dipengaruhi oleh fasilitas belajar dan intensitas belajar. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Ada pengaruh yang signifikan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar pada mahasiswa program studi pendidikan akuntansi FKIP UMS angkatan 2008. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 3,200 > 1,980 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,002 dengan sumbangan efektif sebesar 9,5%; 2) Ada pengaruh yang signifikan intensitas belajar terhadap prestasi belajar pada mahasiswa program studi pendidikan akuntansi FKIP UMS angkatan 2008. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 4,652 > 1,980 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000, dengan sumbangan efektif sebesar 16,6%; 3) Ada pengaruh yang signifikan fasilitas belajar dan intensitas belajar terhadap prestasi belajar pada mahasiswa program studi pendidikan akuntansi FKIP UMS angkatan 2008. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 21,177 > 3,072 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. Dengan koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,261. 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,261 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh antara fasilitas belajar dan intensitas belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa adalah sebesar 26,1% sedangkan 73,9% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Fasilitas Belajar, Intensitas Belajar, Prestasi Belajar Mahasiswa
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 17 Mar 2012 06:50
Last Modified: 17 Mar 2012 09:49
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17357

Actions (login required)

View Item View Item