Suryani, Subekti Nur (2012) Upaya Meningkatkan Keaktifan Dalam Proses Pembelajaran PKn Materi Konstitusi yang Pernah Berlaku di Indonesia Melalui Penggunaan Strategi Pembelajaran Point Counter Point Pada Siswa Kelas VIII F SMP Negeri 2 Jumapolo Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan )
02._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (307kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (82kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (171kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (166kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (296kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (18kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (68kB) |
|
PDF (Lampiran )
09._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dalam proses pembelajaran PKn materi Konstitusi yang Pernah Berlaku di Indonesia pada siswa kelas VIII F SMP Negeri 2 Jumapolo Kabupaten Karanganyar melalui penggunaan strategi pembelajaran Point Counter Point. Keaktifan siswa sangat kurang sebelum diberikan tindakan kelas dan guru sudah mengupayakan solusi pemecahannya, antara lain: menggunakan strategi pembelajaran ceramah, diskusi, dan penugasan tetapi hasilnya belum dapat meningkatkan keaktifan siswa. Solusi yang ditawarkan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan strategi pembelajaran Point Counter Point. Subjek pelaksanaan tindakan ini adalah siswa kelas VIII F SMP Negeri 2 Jumapolo Kabupaten Karanganyar yang berjumlah 31 siswa, kepala sekolah, guru PKn serta peneliti. Data penelitian ini diperoleh dari informan atau nara sumber, tempat dan peristiwa berlangsungnya aktivitas pembelajaran. Teknik pengumpulan datanya dengan menggunakan metode observasi dan wawancara. Prosedur dalam penelitian ini meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus. Indikator kinerja penelitian tindakan kelas ini diharapkan dengan menggunakan strategi pembelajaran Point Counter Point keaktifan siswa dalam proses pembelajaran PKn materi konstitusi yang pernah berlaku di Indonesia pada siswa kelas VIII F SMP Negeri 2 Jumapolo Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012 dapat meningkat minimal 75% dari 31 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat keaktifan siswa dalam proses pembelajaran PKn materi konstitusi yang pernah berlaku di Indonesia pada siswa kelas VIII F SMP Negeri 2 Jumapolo Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012 yaitu dari yang aktif dalam proses pembelajaran sesuai dengan indikator yang telah ditetapkan sebelum diadakan penelitian tindakan kelas berjumlah 10 siswa (32,26%). Setelah dilakukan tindakan yang telah disepakati yaitu dengan menggunakan strategi pembelajaran Point Counter Point, pada siklus I, keaktifan siswa meningkat menjadi 16 siswa (51,61%) dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 25 siswa (80,65%). Berdasarkan data hasil penelitian kelas tersebut maka hipotesis tindakan yang menyatakan “Diduga dengan menggunakan strategi pembelajaran Point Counter Point mampu meningkatkan keaktifan dalam proses pembelajaran PKn materi Konstitusi yang Pernah Berlaku di Indonesia pada siswa kelas VIII F SMP Negeri 2 Jumapolo Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012” terbukti dan dapat diterima kebenarannya.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Rak A220/2012-09 |
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pembelajaran, Point Counter Point, Keaktifan Siswa, Konstitusi yang Pernah Berlaku di Indonesia. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 15 Mar 2012 08:17 |
Last Modified: | 18 Jun 2012 09:46 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17321 |
Actions (login required)
View Item |