Perbandingan Kampas Rem Non Asbes Berserat Fiberglass Dengan Variasi Tembaga 2 Gram, 4 Gram, 6 Gram Dengan Kampas Rem Yamaha Terhadap Keausan, Kekerasan, Dan Waktu Pengereman

Sasmito, Dediana Pajar (2012) Perbandingan Kampas Rem Non Asbes Berserat Fiberglass Dengan Variasi Tembaga 2 Gram, 4 Gram, 6 Gram Dengan Kampas Rem Yamaha Terhadap Keausan, Kekerasan, Dan Waktu Pengereman. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan )
cover_daftar_isi.pdf

Download (989kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
bab_1.pdf

Download (18kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)
[img] PDF (Bab IV)
bab_iv.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka_.pdf

Download (15kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kampas rem merupakan salah satu komponen dari kendaraan bermotor yang berfungsi menghentikan laju kendaraan sepeda motor .Saat laju kendaraan berkecepatan tinggi kampas rem memiliki peranan penting,bahkan keselamatan pengendara tergantung dari kualitas kampas rem tersebut .Tujuan penelitian ini adalah membandingkan kampas rem variasi komposisi tembaga 2 gram, 4 gram, 6 gram dengan kampas Yamaha bertujuan untuk mengetahui tingkat performa dari kampas rem mana yang lebih berkualitas. Peneliti akan mengadakan penelitian diawali dengan pembuatan kampas rem non-asbes dengan bahan yaitu fiberglass, tembaga, alumunium, kuningan, graphite, kalsium karbonat, barium sulfat, serbuk silika dan resin ripoxy + katalis. Setelah itu mencampur bahan kampas rem sesuai dengan komposisi yang telah ditentukan. Kemudian kampas rem di beri tekanan dengan cara dipress dengan beban 2 ton selama 25 menit kemudian dipanaskan (sinter) dengan oven pada suhu 80 ºC selama 25 menit. Setelah spesimen jadi kemudian diuji gesek dengan beban 18 kg selama 3 jam dengan uji kering, penyemprotan air, air laut, oli, minyak rem dan diukur keausan, kekerasan Brinell dengan gaya 613 Newton, dan waktu pengereman. Dari Hasil penelitian keausan, kekerasan dan waktu pengereman didapat data yang menunjukan bahwa kampas rem variasi tembaga 6 gram lebih baik daripada variasi tembaga 2 gram dan 4 gram dan kampas rem Yamaha lebih tahan aus dari kampas rem variasi tembaga . Nilai kekerasan kampas rem dengan variasi tembaga yaitu sebesar 10.321 BHN sedangkan kampas rem Yamaha yaitu sebesar 12.487 BHN. Waktu pengereman lebih unggul kampas rem variasi tembaga daripada kampas rem Yamaha.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kampas rem, tembaga, kekerasan
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 10 Mar 2012 06:36
Last Modified: 10 Mar 2012 06:36
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17298

Actions (login required)

View Item View Item