Istiqomah, Sriningsih Siti (2012) Penggunaan Metode Guided Note Taking dengan mengoptimalkan barang bekas sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas V SD Negeri Pendem 2 Sumberlawang tahun ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (288kB) |
|
|
PDF (Bab.1)
03._BAB_I.pdf Download (23kB) |
|
PDF (Bab.II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (101kB) |
||
PDF (Bab.III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (126kB) |
||
PDF (Bab.IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (126kB) |
||
PDF (Bab.V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (10kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri Pendem 2 Sumberlawang semester gasal tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian adalah guru dan siswa Kelas V SD Negeri Pendem 2 Sumberlawang yang berjumlah 19 siswa. Metode pengumpulan data digunakan melalui metode tes, observasi, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar matematika siswa yang dapat dilihat dari peningkatan indikator-indikator yang mencakup: 1) Hasil belajar siswa yaitu tercapainya nilai siswa ≥ 52 meliputi: data evaluasi hasil belajar siswa pada pokok bahasan bangun ruang volume kubus dan balok sebelum tindakan 49,75%, siklus I 66,25%, siklus II 80,25%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa melalui metode Guided Note Taking dengan menoptimalkan barang bekas sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas V SD Negeri Pendem 2 Sumberlawang tahun ajaran 2011/ 2012.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode guided note taking Barang bekas, media pembelajaran, dan hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Edy Susilo |
Date Deposited: | 07 Mar 2012 10:39 |
Last Modified: | 07 Mar 2012 10:39 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17256 |
Actions (login required)
View Item |