Suwarsini, Suwarsini (2012) Meningkatkan Hasil Belajar IPS Melalui Penerapan Metode PQRST Pada Siswa Kelas V SDN 01 Jatisobo Kecamatan Jatipuro Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (116kB) |
|
|
PDF (Bab.I)
BAB_I.pdf Download (27kB) |
|
PDF (Bab.II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (52kB) |
||
PDF (Bab.III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (47kB) |
||
|
PDF (Bab.IV)
BAB_IV.pdf Download (201kB) |
|
|
PDF (Bab.V)
BAB_V.pdf Download (18kB) |
|
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (6kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (342kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS melalui metode pembelajaran PQRST bagi siswa kelas V SDN 01 Jatisobo Kecamatan Jatipuro Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2010/2011. Subyek dalam penelitian ini adalah Guru dan Siswa kelas V SDN 01 Jatisobo Kecamatan Jatipuro Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2010/2011. Obyek penelitian adalah Pembelajaran IPS dengan menggunakan Metode Pembelajaran PQRST. Dalam pengumpulan data, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi , tes tertulis, dan dokumentasi. Hasil belajar pada tiap siklus sebagai berikut: (1) Pra Tindakan jumlah anak yang nilainya dibawah 70 (KKM) sebanyak 18 anak atau 82 % sedangkan jumlah anak yang nilainya diatas 70 (KKM) 4 anak atau 18%, (2) siklus I jumlah anak yang nilainya dibawah 70 (KKM) sebanyak 14 anak atau 64% sedangkan jumlah anak yang nilainya diatas 70 (KKM) 8 anak atau 36%, (3) siklus II jumlah anak yang nilainya dibawah 70 (KKM) sebanyak 8 anak atau 36% sedangkan jumlah anak yang nilainya di atas 70 (KKM) 14 anak atau 64%, (4) siklus III jumlah anak yang nilainya dibawah 70 (KKM) sebanyak 0 atau 0%, sedangkan jumlah anak yang nilainya di atas 70 (KKM) 22 anak atau 100%. Kesimpulan dari penelitian tindakan kelas ini adalah dengan menggunakan metode pembelajaran PQRST prosentase hasil belajar dari tiap siklus terjadi peningkatan secara terus menerus pada siswa kelas V semester II SDN 01 Jatisobo Kecamatan Jatipuro Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2010/2011.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar, PQRST |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Edy Susilo |
Date Deposited: | 07 Mar 2012 10:25 |
Last Modified: | 07 Mar 2012 10:25 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17254 |
Actions (login required)
View Item |