Ritual Ngalap Berkah Apem Kukus Keoang MAs dan Dampaknya Bagi MAsyarakat (Studi Kasus di Kawasan Wisata Pengging Kecamatan Banyudono Kabupaten Boyolali)

Santoso, Iwan Budi (2012) Ritual Ngalap Berkah Apem Kukus Keoang MAs dan Dampaknya Bagi MAsyarakat (Studi Kasus di Kawasan Wisata Pengging Kecamatan Banyudono Kabupaten Boyolali). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Hal_Depan.pdf

Download (86kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_I.pdf

Download (49kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (69kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (66kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (68kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (37kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Dapus.pdf

Download (32kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan atau prosesi ritual ngalap berkah apem kukus keong mas dan dampaknya bagi masyarakat (studi kasus di kawasan wisata Pengging Kecamatan Banyudono Kabupaten Boyolali. Bentuk penelitian adalah kualitatif yang menggunakan pendekatan kebudayaan (etnografi) dan bersifat diskriptif analitik. Sumber data diperoleh dari beberapa sumber yaitu informan, tempat dan peristiwa. Cuplikan yang digunakan dalam penelitian ini ialah purposive sampling. Peneliti mengambil key informan sebagai subyek penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam dan observasi langsung. Untuk menguji validitas data dalam penelitian ini digunakan dua macam triangulasi yaitu trianggulasi sumber data yang berupa informasai dari tempat, peristiwa dan dokumen serta arsip yang memuat catatan yang berkaitan dengan data yang dimaksudkan dan trianggulasi teknik atau metode pengumpulan data yang berasal dari hasil wawancara, observasi dan dokumen. Disamping itu digunakan pula teknik informan review dengan cara memberikan daftar laporan kepada informan untuk dilakukan pengecekan keabsahan datanya. Untuk menganalisis data digunakan model analisis interaktif (interactive model of analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa masyarakat Pengging memahami ritual ngalap berkah paringan apem kukus keong mas sebagai ungkapan rasa syukur atas berkah dari Allah SWT atas bimbingan spiritual metafisi dari almarhum R. Ng. Yosodipuro yang mengajarkan tingkat tauhid. Partisipasi masyarakat dalam ritual ngalab berkah paringan apem kukus keong mas adalah dengan mengikuti ritual ini secara tertib dari awal hingga akhir prosesi acara ini. Sebagai ritual yang menjadi daya tarik wisata untuk meningkatkan pendapatan pemerintah daerah, ritual ngalab berkah apem kukus keong mas ini dibentuk kepanitian yang khusus oleh pemerintah daerah dengan mendapatkan dukungan masyarakat kecamatan Banyudono, Swalayan Amigo, Bank Pasar, Pengageng Sasono Wilopo Kraton Surakarta berupa gunungan apem yang akan disebar. Dampak dari pelaksanaan ritual ngalap berkah apem kukus keong mas adalah; 1) Dampak dalam bidang ekonomi, yaitu meningkatkan penghasilan pedagang kaki lima, meningkatkan usaha jasa rekreasi dan hiburan kawasan Pengging; 2) Dampak dalam bidang sosial dan budaya yaitu digolongkan menjadi dampak positif dan negatif. Dampak positif dari ritual ini adalah terjadinya pemahaman dan saling pengertian antar budaya (inter cultural understanding) antara pengunjung wisata (turis) dan masyarakat setempat dan sebaliknya masyarakat setempat juga dapat memahami dan menghargai latar belakang sosiaL budaya turis. Dampak negatif dalam sosial dan budaya yaitu erosi atau rentan terhadap pengaruh negatif budaya asing, sehingga generasi muda meniru budaya asing; 3) Dampak dalam bidang religius yaitu mengajak masyarakat untuk ziarah dan wiridan mendekatkan diri kepada Allah Yang Maha Esa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: ngalap berkah apem kukus keong mas, ungkapan rasa syukur
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 07 Mar 2012 09:54
Last Modified: 07 Mar 2012 09:54
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17246

Actions (login required)

View Item View Item