Pengaruh Keharmonisan Keluarga dan Pemahaman Nilai-Nilai agama Islam Terhadap Ketaatan Anak PAda Nasehat Orang Tua Bagi Siswa Kelas XII SMA Muhammadiayah 3 Surakarta Tahun Pelajaran 2006/2007

Jumarti, Jumarti (2007) Pengaruh Keharmonisan Keluarga dan Pemahaman Nilai-Nilai agama Islam Terhadap Ketaatan Anak PAda Nasehat Orang Tua Bagi Siswa Kelas XII SMA Muhammadiayah 3 Surakarta Tahun Pelajaran 2006/2007. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Hal_Depan.pdf

Download (170kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_I.pdf

Download (38kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (113kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (317kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Dapus.pdf

Download (30kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (58kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keharmonisan keluarga, pemahaman nilai-nilai agama Islam, terhadap ketaatan anak pada nasehat orang tua bagi siswa kelas XII SMA Muhammadiyah 3 Surakarta tahun pelajaran 2006/2007. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XII SMA Muhammadiyah 3 Surakarta yang berjumlah 96 siswa, dari jumlah tersebut yang dijadikan sampel ialah 40 siswa dengan prosedur pengambilan sampel kombinasi Quota Purposive Area Proportional Random Sampling dengan cara undian. Metode pokok berupa angket digunakan untuk mengumpulkan data mengenai keharmonisan keluarga, pemahaman nilai-nilai agama Islam, terhadap ketaatan anak pada nasehat orang tua. Metode bantu berupa wawancara digunakan untuk memperkuat data yang diperoleh dari angket. Dalam penelitian ini data yang terkumpul kemudian ianalisis regresi dua prediktor, dengan rumus : Freg = ............. Hasil perhitungan regresi memperoleh harga Freg = 14,692, dikonsultasikan dengan Ftabel pada taraf signifikansi 5% dengan db (2;37) adalah sebesar 3,23 dan pada taraf signifikansi 1% = 5,21, hasilnya Fhitung > Ftabel = 14,692 > 3,23 atau 14,692 > 5,21. Hal ini berarti bahwa Freg yang diperoleh signifikan. Sehingga hipotesis yang menyatakan ada pengaruh keharmonisan keluarga dan pemahaman nilai-nilai agama Islam terhadap ketaatan anak pada nasehat orang tua bagi siswa kelas XII SMA Muhammadiyah 3 Surakarta tahun pelajaran 2006/2007” terbukti dan dapat diterima kebenarannya. Variabel keharmonisan keluarga memberikan sumbangan efektif (SE%X1) sebesar 30,42%. Pemahaman nilai-nilai agama Islam memberikan sumbangan efektif (SE%X2) sebesar 13,85%, Sehingga nampak bahwa variabel keharmonisan keluarga memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap ketaatan anak pada nasehat orang tua dibandingkan variabel pemahaman nilai-nilai agama Islam. Dengan demikian jika keharmonisan keluarga semakin tinggi maka dapat dipastikan adanya peningkatan ketaatan anak pada nasehat orang tua pada siswa yang bersangkutan. Dari perhitungan di atas ada faktor lain sebesar 68,8% yang mempengaruhi ketaatan anak pada nasehat orang tua selain keharmonisan keluarga, dan pemahaman nilai-nilai agama Islam, misalnya lingkungan pergaulan, bimbingan guru, dan sebagainya. Berdasarkan hasil dari penelitian ini maka perlu dilakukan suatu usaha untuk meningkatkan keharmonisan keluarga, dan pemahaman nilai-nilai agama Islam, yang dapat mempengaruhi ketaatan anak pada nasehat orang tua.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keharmonisan keluarga, pemahaman nilai-nilai agama Islam, nasehat
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 07 Mar 2012 06:59
Last Modified: 07 Mar 2012 06:59
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17244

Actions (login required)

View Item View Item