Suffah, Ibnu (2008) ANALISA PERANCANGAN PENGUKURAN KINERJA LEMBAGA PENDIDIKAN MENGGUNAKAN METODE BALANCE SCORECARD (BSC) (Studi kasus : LPK ALFABANK Cabang Slamet Riyadi Surakarta ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF
D600030061.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF
D600030061.pdf Download (1MB) |
Abstract
Metode Balanced Scorecard (BSC) merupakan salah satu metode perancangan pengukuran kinerja perusahaan yang meninjau kinerja perusahaan tidak hanya dari sisi keuangan, namun juga dari sisi non keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan perancangan pengukuran kinerja LPK ALFABANK Cabang Slamet Riyadi yang meliputi perspektif finansial, pelanggan, proses bisnis internal, serta pembelajaran dan pertumbuhan.Pembobotan elemen-elemen yang terdapat dalam perancangan pengukuran kinerja dilakukan dengan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dengan bantuan software Expert Choice dan perhitungan manual dengan bantuan microsoft excel. Pembobotan ini dilakukan untuk mengetahui bobot prioritas antar sasaran strategis pada tiap tiap perspektif.Hasil pembobotan sasaran strategis pada perpektif finansial adalah pemanfaatan investasi (0,370), peningkatan pendapatan (0,528), pembiayaan operasional (0,102). Pada perspektif pelanggan adalah peningkatan jumlah pelanggan (0,315), perluasan jaringan (0,196), kepuasan pelanggan (0,489). Pada perspektif proses bisnis internal adalah peningkatan kualitas pelayanan (0,456), kepuasan kerja karyawan (0,211), peningkatan kualitas output siswa didik (0,333).Pada perspektif pertumbuhan dan pembelajaran adalah peningkatan kualitas SDM (0,670), kelancaran komunikasi (0,330).Hasil identifikasi Key Performance Indicator (KPI) pada tiap-tiap perspektif adalah 4 KPI pada perspektif finansial, 3 KPI pada perspektif pelanggan, 4 KPI pada perspektif proses bisnis internal,dan 2 KPI pada perspektif pembelajaran dan pertumbuhan.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kinerja, Balance Scorecard (BSC), Analitycal Hierarchy Process (AHP), Key Performance Indicator (KPI). |
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Industri |
Depositing User: | Edy Susilo |
Date Deposited: | 28 May 2009 00:35 |
Last Modified: | 17 Nov 2010 04:16 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/1724 |
Actions (login required)
View Item |