Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Membaca Huruf Jawa Dengan Menggunakan Media Audio Visual pada siswa kelas IV SD Muhammadiyah 2 Kauman Surakarta tahun Ajaran 2011/2012.

Ariyati, Yunita Dwi (2012) Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Membaca Huruf Jawa Dengan Menggunakan Media Audio Visual pada siswa kelas IV SD Muhammadiyah 2 Kauman Surakarta tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
COVER-INTISARI.pdf

Download (205kB)
[img]
Preview
PDF (Bab.I)
BAB_1.pdf

Download (34kB)
[img] PDF (Bab.II)
BAB_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB)
[img] PDF (Bab.III)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)
[img]
Preview
PDF (Bab.IV)
BAB_4.pdf

Download (762kB)
[img] PDF (Bab.V)
BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (783kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan membaca huruf Jawa dengan menggunakan media audio visual pada siswa kelas IV SD Muhammadiyah 2 Kauman Surakarta tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian adalah guru dengan siswa kelas IV SD Muhammadiyah 2 Kauman Surakarta yang berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data digunakan melalui metode tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian adalah ada peningkatan pada hasil belajar bahasa Jawa yang dapat dilihat dari peningkatan keterampilan membaca huruf Jawa meliputi: pra siklus 46,56%, mengalami peningkatan pada siklus I menjadi 61,56%, dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 82,65%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa melalui media audio visual dalam pembelajaran bahasa Jawa dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Jawa pada materi membaca huruf Jawa pada siswa kelas IV SD Muhammadiyah 2 Kauman Surakarta.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan membaca, media audio visual
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 06 Mar 2012 10:42
Last Modified: 06 Mar 2012 10:42
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17231

Actions (login required)

View Item View Item