Penerapan Model Quantum Teaching Dan Strategi Everyone Is A Teacher Here Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas V A SD Muhamamdiyah 16 Karangasem Pada Mata Pelajaran IPS Tahun 2011/2012

Mulyaningsih, Nur’aini (2012) Penerapan Model Quantum Teaching Dan Strategi Everyone Is A Teacher Here Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas V A SD Muhamamdiyah 16 Karangasem Pada Mata Pelajaran IPS Tahun 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (646kB)
[img]
Preview
PDF (Bab.I)
BAB_I.pdf

Download (102kB)
[img] PDF (Bab.II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (213kB)
[img] PDF (Bab.III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (170kB)
[img] PDF (Bab.IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (435kB)
[img] PDF (Bab.V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (62kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS melalui penerapan model Quantum Teaching dan strategi Everyone Is A Teacher Here. Jenis penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VA SD Muhammadiyah 16 Karangasem, Laweyan, Surakarta yang berjumlah 38 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, angket, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS pada materi Perjuangan Melawan Penjajah. Hal ini dapat dilihat dari perolehan indikator pencapaian motivasi. Indikator pencapaian motivasi pada siklus akhir yaitu siklus II yaitu: 1) Siswa yang mempunyai keinginan untuk berhasil 96,87 %, 2) Siswa yang mempunyai dorongan dalam belajar 43,75%, 3) Siswa yang mempunyai harapan dan cita-cita masa depan 100 %, 4) siswa yang tertarik dengan kegiatan pembelajaran 100% 5) Siswa yang merasa nyaman dengan lingkungan belajar 81,25%, 6) Siswa yang senang belajar IPS 81,25%, 7) Siswa yang memperhatikan penjelasan guru 96,66%, 8) Siswa yang mengerjakan soal dengan baik 100%, 9) Siswa yang antusias dengan pelajaran IPS 96,87%. Hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum dan sesudah penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Sebelum diberikan tindakan kelas, hasil belajar siswa hanya mencapai KKM sebesar 8,33 %, kemudian pada Siklus I meningkat menjadi 72,22% sedangkan di akhir tindakan hasil belajar siswa mencapai KKM sebesar 86,11 %. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan model Quantum Teaching dan strategi Everyone is a Teacher Here dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa sehingga berdampak pada peningkatan prestasi belajar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak A510/2012-07
Uncontrolled Keywords: Quantum Teaching, Everyone is a Teacher here, Motivasi, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 06 Mar 2012 10:13
Last Modified: 25 Jun 2012 10:14
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17228

Actions (login required)

View Item View Item