Era Maulana, Langgeng (2011) Peningkatan hasil belajar PKn menggunakan strategi Jeopardy Review pada siswa kelas IV SD Negeri Harjodipuran Kecamatan Pasarkliwon Kabupaten Surakarta Tahun Pelajaran 2011/ 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan )
02._Halaman_Judul.pdf Download (89kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._Bab_I.pdf Download (24kB) |
|
PDF (Bab II)
04._Bab_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (123kB) |
||
PDF (Bab III)
05._Bab_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (95kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._Bab_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
PDF (Bab V)
07._Bab_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (27kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka )
08._Daftar_Pustaka.pdf Download (12kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (435kB) |
Abstract
Permasalahan dalam peneltian ini adalah rendahnya hasil belajar PKn, hanya 30% dari jumlah siswa yang mendapatkan nilai ≥ 65,memenuhi KKM, Metode yang digunakan masih konvensional. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar PKn dengan menggunakan strategi pembelajaran Jeopardy Review pada siswa kelas IV SD Negeri Harjodipuran, Kecamatan Pasarkliwon, Kabupaten Surakarta. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu : perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri Harjodipuran yang berjumlah 42 siswa. Teknik pengumpulan data digunakan teknik observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data interaktif. Hasil tindakan kelas ini melalui dua siklus: pada siklus I dari 40 siswa yang masuk terdapat 22 siswa (52%) yang mendapatkan nilai ≥ 65, sesuai KKM. Pada siklus II ada peningkatan hasil belajar siswa sejumlah 31,33% dari siklus I. Dari nilai hasil belajar 42 siswa yang masuk ada 35 siswa (83,33%) yang mendapat nilai ≥ 65, sesuai KKM. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa implementasi strategi pembelajaran Jeopardy Review dapat meningkatkan hasil belajar PKn pada siswa kelas IV SD Negeri Harjodipuran Kecamatan Pasarkliwon Kabupaten Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | strategi pembelajaran Jeopardy Review, hasil belajar |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 06 Mar 2012 09:10 |
Last Modified: | 06 Mar 2012 09:10 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17225 |
Actions (login required)
View Item |