Peningkatan Kemampuan Memahami Peristiwa Proklamasi Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT pada Siswa Kelas V SD N Maribaya 01 Kramat Tegal Tahun Ajaran 2011/2012

FITRI, NUR ZAHROTUL (2012) Peningkatan Kemampuan Memahami Peristiwa Proklamasi Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT pada Siswa Kelas V SD N Maribaya 01 Kramat Tegal Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Pernyataan )
01._SURAT_PERNYATAAN_PUBLIKASI.pdf

Download (9kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (347kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (24kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (129kB)
[img]
Preview
PDF (Bab III)
05._BAB,III.pdf

Download (56kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (258kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan memahami peristiwa proklamasi melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TGT pada siswa kelas V SD N Maribaya 01 Kramat Tegal tahun ajaran 2011/2012. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas terdiri dari dua siklus, tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Sebagai subjek penelitian adalah siswa kelas V SD N Maribaya 01 Kramat Tegal Tahun Ajaran 2011/2012. Sejumlah 40 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis model interaktif yang terdiri dari tiga komponen analisis yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini adalah adanya peningkatan kemampuan memahami peristiwa proklamasi pada tes awal 62,75, pada siklus pertama 73,37, kemudian pada siklus kedua 85,5. Adanya peningkatan prosentase ketuntasan belajar siswa pada tes awal hanya 37,5%, pada tes siklus pertama 70%, dan pada siklus kedua menjadi 100%. Berdasarkan hasil penelitian diatas, maka dapat disimpulkan bahwa melalui penggunaan model kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan kemampuan memahami peristiwa proklamasi pada siswa kelas V SD N Maribaya 01 Kramat Tegal Tahun Ajaran 2011/2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan memahami, model pembelajaran kooperatif, Team Games Tournament
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 05 Mar 2012 10:33
Last Modified: 05 Mar 2012 10:33
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17196

Actions (login required)

View Item View Item