Pengaruh Aktivitas Keagamaan Terhadap Sosial Bermasyarakat Mahasiswa Thailand di Universitas Muhammadiyah Surakarta (Tahun 2006-2007)

Sama-ae, Miss. Rusita (2007) Pengaruh Aktivitas Keagamaan Terhadap Sosial Bermasyarakat Mahasiswa Thailand di Universitas Muhammadiyah Surakarta (Tahun 2006-2007). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Hal_Depan.pdf

Download (240kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (132kB)
[img] PDF (Bab II)
revisi_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (58kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV_ta.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (106kB)
[img] PDF (Bab V)
REVISI_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (71kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (82kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (765kB)

Abstract

Agama adalah sebuah nidzam dalam mengaturkan kehidupan umat, yang mengandungi ajaran-ajaran dan petunjuk. Oleh karena itu, keyakinan keagamaan dapat dilihat sebagai berorientasi pada masa mendatang. Dengan mengikut dan praktek akan kewajiban-kewajiban keagamaan dalam kehidupan sehari-hari, sesuai dengan landasan agama yang diyakininya, sebenarnya para penganut agama tersebut menabung ganjaran untuk masa kehidupan setelah mati. Sistem keyakinan (agama) secara individual yang melibatkan emosi-emosi dan pemikiran-pemikiran yang sifatnya pribadi, dan yang diwujudkan dalam tindakan-tindakan keagamaan yang bersifat individual dan kelompok yang melibatkan sebagian atau seluruh masyarakat. Mengapa keyakinan yang sifatnya individual dapat diwujudkan sebagai tindakan kelompok atau masyarakat? Oleh sebab, bahwa agama pada hakikatnya adalah lebih bersifat kepada sosial (jama’ah). Bahkan dalam hal pahala, misalnya, sebagaimana yang ditegaskan dalam sabda Rasul (shalatul jama’ah afdlalu min as-shalati fazzi bi sab’I wa ‘isyrin darajah). Dalam aktivitas keagamaan, pada level yang berbeda-beda, di dalam agama berusahakan menemukan jawaban teoritis dan praktis terhadap problem-problem masyarakat yang berkaitan dengan sosial dan budaya, baik yang didasarkan pada agama maupun ilmu pengetahuan. Adapun metode pengumpulan data adalah metode angket. Dengan metode ini untuk mengetahui hasil korelasi antara kedua variabel x (aktivitas keagamaan) dan variabel y (sosial bermasyarakat). Metode observasi digunakan untuk mengetahui sejauh mana kebenaran dari metode angket itu sendiri. Metode dokumentasi digunakan untuk mengetahui gambaran umum Universitas Muhammadiyah Surakarta dan mahasiswa Thailand. Metode interview digunakan untuk memperoleh informasi secara langsung tentang kegiatan keagamaan dan sosial bermasyarakat mahasiswa Thailand. Adapun populasi berjumlah 19 orang sebagai sampel. Dan metode analisis data yang digunakan adalah korelasi Product Moment. Dari hasil penelitian, diketahui bahwa mahasiswa Thailand di UMS memiliki aktivitas keagamaan dan sosial bermasyarakat dengan kategori sedang atau cukupan. Hal ini terjadi dikarenakan nilai rxy (koefisien korelasi antara variabel x (aktivitas keagamaan) dan variabel y (sosial bermasyarakat) lebih besar dari nilai rtabel (koefisien korelasi antara variabel x dan variabel y dalam table r). Perolehan koefisien korelasi rxy sebesar 0,6168 dengan jumlah sample 19 orang dan nilai korelasi pada table( rt ) 0,456 taraf signifikansi 5% serta 0,575 untuk taraf signifikansi 1%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Keagamaan, Sosial Bermasyarakat, Product Moment, Variabel “x”, Variabel “y”, Koefisien, Signifikansi.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam > Ushuluddin
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 05 Mar 2012 10:30
Last Modified: 05 Mar 2012 11:32
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17194

Actions (login required)

View Item View Item