Utami, Diyah Nur (2012) Peningkatan motivasi dan pemahaman konsip siswa dalam pembelajaran Matematika melalui Strategi pembelajaran Aktif Course Review Horey(PTK Pembelajaran Siswa Kelas VIII Semester Gasal SMP Negeri 2 SawitTahun Ajaran 2011/2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf Download (102kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (71kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (164kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (91kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (166kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (18kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_pustaka.pdf Download (18kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran_.pdf Restricted to Repository staff only Download (715kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan pemahaman konsep siswa dalam pembelajaran matematika melalui strategi pembelajaran aktif course review horey. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII.B SMP Negeri 2 Sawit yang berjumlah 24 siswa dan subjek pelaksana tindakan adalah guru matematika bersama peneliti. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan pemahaman konsep siswa dalam pembelajaran matematika melalui strategi pembelajaran aktif course review horey. Peningkatan motivasi siswa dapat dilihat dari: 1) antusias siswa dalam proses pembelajaran sebelum diadakan tindakan sebesar 20,83%, di akhir tindakan mencapai 66,67%. 2) mendengarkan penjelasan guru sebelum tindakan sebesar 45,83%, di akhir tindakan mencapai 87,50%. 3) keberanian siswa menyampaikan pendapat di depan kelas sebelum tindakan sebesar 12,50%, di akhir tindakan mencapai 41,67%. Peningkatan pemahaman konsep siswa dapat dilihat dari: 1) kemampuan siswa dalam menjawab pertanyaan dari guru atau siswa lain sebelum diadakan tindakan sebesar 29,17%, di akhir tindakan mencapai 70,83%. 2) keberanian siswa bertanya mengenai materi yang belum paham sebelum diadakan tindakan sebesar 20,83%, di akhir tindakan mencapai 66,67%. 3) kemampuan siswa dalam memanipulasi soal sebelum diadakan tindakan sebesar 29,17%, di akhir tindakan mencapai 83,33%. 4) banyak siswa yang mendapat nilai di atas KKM sebelum tindakan sebesar 20,83%, di akhir tindakan mencapai 87,50%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran aktif course review horey dapat meningkatkan motivasi dan pemahaman konsep siswa dalam pembelajaran matematika.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | peningkatan, motivasi, pemahaman_konsep, pembelajaran, matematika |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 05 Mar 2012 05:31 |
Last Modified: | 05 Mar 2012 05:31 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17169 |
Actions (login required)
View Item |