Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Explicit Intruction Dengan Pemanfaatan Alat Peraga Garis Bilangan Pada Siswa Kelas Iv Sdn Cakraningratan No.32 Tahun Pelajaran 2011/2012

Banuwati, Fitri (2012) Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Explicit Intruction Dengan Pemanfaatan Alat Peraga Garis Bilangan Pada Siswa Kelas Iv Sdn Cakraningratan No.32 Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
Halaman__Depan.pdf

Download (570kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_I.pdf

Download (48kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (313kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (46kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran explicit intruction dengan pemanfaatan alat peraga garis bilangan pada siswa kelas IV SDN Cakraningratan NO.32 Kecamatan Laweyan, Surakarta. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN Cakaraningratan No.32 Kecamatan Laweyan, Surakarta. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus. Metode pengumpulan data digunakan teknik observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data interaktif. Dari hasil tindakan siklus I sampai siklus II terjadi peningkatan hasil belajar matematika yang didapat siswa. Pada siklus I dari 24 siswa terdapat 65,2% yang mendapat nilai ≥65, sebagai KKM. Pada siklus II dari 24 siswa yang mendapat nilai diatas KKM sebesar 87,5%, hal ini menyatakan ada peningkatan sebanyak 22,3% dari siklus I. Dari data di atas dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran explicit intruction dengan pemanfataan alat peraga garis bilangan dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas IV SDN Cakraningratan No.32 Kecamatan Laweyan Surakarta tahun pelajaran 2011/2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak A510/2012-29
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran explicit intruction, alat peraga garis bilangan, hasil belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 02 Mar 2012 10:12
Last Modified: 18 Nov 2019 04:33
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17153

Actions (login required)

View Item View Item