Upaya Meningkatkan Keaktifan Melalui Penerapan Strategi Reading Guide Dikolaborasikan dengan Index Card Match Dalam Proses Pembelajaran PKn Pada siswa Kelas VII C SMP Negeri 5 Karanganyar Kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2010/2011

NOVITASARI, NOVITASARI (2012) Upaya Meningkatkan Keaktifan Melalui Penerapan Strategi Reading Guide Dikolaborasikan dengan Index Card Match Dalam Proses Pembelajaran PKn Pada siswa Kelas VII C SMP Negeri 5 Karanganyar Kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Depan.pdf

Download (708kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (51kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (128kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (349kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._Daftar_Pustaka.pdf

Download (57kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan melalui penerapan strategi Reading Guide dikolaborasikan dengan Index Card Match dalam proses pembelajaran PKn pada siswa kelas VII C SMP Negeri 5 Karanganyar Kabupaten Karanganyar tahun ajaran 2011/2012. Sebelum diberi tindakan keaktifan siswa sangat kurang meskipun guru telah memberikan pembelajaran ceramah bervariasi dan diskusi. Solusi yang ditawarkan peneliti adalah penerapan strategi pembelajaran Reading Guide dikolaborasikan dengan Index Card Match. Subjek penelitian adalah guru kelas, kepala sekolah, seluruh siswa kelas VII C SMP Negeri 5 Karanganyar Kabupaten Karanganyar yang berjumlah 32 dan peneliti itu sendiri. Data penelitian dikumpulkan melalui nara sumber, tempat dan peristiwa berlangsungnya aktivitas pembelajaran. Pengumpulan data menggunakan metode observasi dan wawancara. Prosedur penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Penerapan strategi pembelajaran Reading Guide dikolaborasikan dengan Index Card Match diharapkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran PKn pada siswa kelas VII C SMP Negeri 5 Karanganyar Kabupaten Karanganyar dapat meningkat minimal 75% dari jumlah keseluruhan 32 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat keaktifan siswa dalam proses pembelajaran PKn di kelas VII C SMP Negeri 5 Karanganyar Kabupaten Karanganyar tahun ajaran 2011/2012 sebelum tindakan hanya 10 siswa (31,25%). Setelah dilakukan tindakan yang disepakati yaitu melalui penerapan strategi Reading Guide dalam proses pembelajaran PKn diperoleh hasil pada siklus I meningkat menjadi 14 siswa (43,75%), kemudian melalui penerapan strategi Reading Guide dikolaboraskan dengan Index Card Match pada siklus II meningkat menjadi 27 siswa (84,37%). Hasil penelitian ini sudah memenuhi indikator kinerja.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak A220/2012-01
Uncontrolled Keywords: Strategi Reading Guide dikolaborasikan dengan Index Card Match, Keaktifan siswa, Siklus.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 02 Mar 2012 05:39
Last Modified: 18 Jun 2012 08:20
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17142

Actions (login required)

View Item View Item