Setyawan, Nur Andy (2011) Peningkatan Hasil Belajar PKn dengan Metode Pembelajaran Pair Checks pada Siswa Kelas IV SD Negeri 02 Mojoroto Mojogedang Tahun Pelajaran 2010/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
COVER-INTISARI.pdf Download (85kB) |
|
|
PDF (Bab.I)
BAB_1.pdf Download (38kB) |
|
PDF (Bab.II)
BAB_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (67kB) |
||
PDF (Bab.III)
BAB_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (38kB) |
||
PDF (Bab.IV)
BAB_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
PDF (Bab.V)
BAB_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (16kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (13kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (80kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui bahwa pembelajaran Pair Checks dapat meningkatkan hasil belajar PKn materi Sistem Pemerintahan Pusat siswa kelas IV SD Negeri 02 Mojoroto Mojogedang tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas bersifat kolaboratif, peneliti berkolaborasi dengan guru kelas IV. Subyek penelitian adalah peneliti sebagai pelaku tindakan kelas dan siswa kelas IV SD Negeri 02 Mojoroto, kecamatan Mojogedang, Kabupaten Karanganyar. Data dikumpulkan melalui metode wawancara, dokumentasi, dan tes tertulis. Rancangan penelitian tindakan yang dipilih yaitu model siklus terdiri dari tiga siklus. Setiap siklus meliputi unsur perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif mempunyai empat buah komponen pokok yaitu pengumpulan data, reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar PKn Siswa Kelas IV melalui metode pembelajaran Pair Checks terbukti dapat meningkat dengan persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I 45% dan meningkat pada siklus II sebesar 65%, serta mencapai hasil optimal pada siklus III dengan persentase 90%..
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pair checks, hasil belajar siswa, metode pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Edy Susilo |
Date Deposited: | 01 Mar 2012 06:38 |
Last Modified: | 01 Mar 2012 06:38 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17126 |
Actions (login required)
View Item |